Menegnal 4 jurusan komputer di SMK

4 Jurusan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Posted on

Hidup di zaman yang serba canggih ini semua aktifias sehari-hari selalu berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Setiap tahun pasti ada temuan baru dibidang teknologi, apa lagi pemerintah juga mendukung pengembangan teknologi 4.0 dalam dunia industri. Kondisi seperti ini mengakibatkan banyak siswa memilih SMK jurusan Teknologi Informasi dan Kompunikasi atau sering disebut jurusan komputer.

Masalahnya masih banyak siswa kelas 3 SMP/ MTS yang belum tahu macam-macam jurusan komputer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jangan sampai kekurangtahuan ini membuatnya enggan memilih jurusan komputer. Untuk itu TERAA.NET juga ikut andil memberikan informasi jurusan komputer di SMK supaya bermanfaat bagi adik-adik.

Jurusan komputer itu secara prosedur nama bidangnya keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Memiliki 4 Kompetensi Keahlian yaitu:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  2. Multimedia (MM)
  3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  4. Sistem informatika, Jaringan dan Aplikasi.

Yang harus dipahami adaah bahwa di SMK itu jurusan komputer ada 4 Jurusan. Dari ke-4 jurusan itu ada kesamaannya karena masih dalam satu bidang keahlian, kesamaan dari ke empat jurusan tersebut adalah

Materi dasar bidang keahliannya sama:

  1. Simulasi dan komunikasi digital
  2. Fisika
  3. Kimia.

Materi dasar program keahliannya sama:

  1. Sistem komputer
  2. Komputer dan jaringan dasar
  3. Pemograman dasar
  4. Dasar desain grafis
  5. Produk kreatif dan kewirausahaan.

 

Perbedaan RPL, MM, TKJ, dan Informatika

 

1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Memilih jurusan RPL siswa akan menempuh pendidikan selama 3 tahun, diajarkan bahasa pemograman komputer, basis data computer, dan pemograman web sehingga bisa membuat website, aplikasi android, dan membuat aplikasi-aplikasi yang lainnya. RPL menekankan pembahasan masalah pemograman komputer, sedangkan program komputer itu membutuhkan kejelian dan kemampuan berlogika yang bagus maka di sarankan untuk siswa yang berminat untuk masuk di jurusan RPL ini harus mempunyai kepintaran yang bagus agar bisa menerapkan kemampuannya sesuai dengan pilihan jurusan yang diambil.

Ada beberapa siswa yang mengeluh karena kesulitan mengikuti pelajarannya  terutama dalam hal coding, tetapi jika sudah lulus keahlian di bidang ini siswa bisa sangat mudah mendapatkan uang, dengan menjadi: Pengembang Teknologi Informasi (Developer IT), Programer, IT Colsultant, System Analyst Dan System Integrator, Software Tester, Intellegent System Developer, Game Developer, Web Engineer, Database Engineer/ Data Base Administrator.

2. Multimedia (MM)

Multimedia merupakan jurusan yang paling ramai diminati siswa sehingga tidak mengherankan kalau SMK membuka jurusan ini selalu penuh siswanya. Di sini akan diajarkan desain grafis percetakan, desain media interaktif, animasi 2D dan 3D, teknik pengolahan audio dan video/ Pembuatan video.

Namanya saja multimedia maka fokusnya adalah keahlian desain dalam menggambar mapun membuat animasi. Selain itu keahlian menggunakan kamera juga diperlukan. Kehalian yang didapatkan dari jurusan ini nantinya bisa dijadikan bekal mencari uang ketika sudah lulus denan membuka usaha prcetakan, fotografer, dan bekerja di dunia perfilman.

3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Pada Jurusan ini siswa akan menempuh pendidikan selama 3 tahun dengan materi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN), Administrasi Infrastruktur Jaringan, Administrasi Sistem Jaringan, dan Teknologi Layanan Jaringan. Nantinya diajarkan bagaimana mengelola sebuah jaringan komputer dengan materi tersebut. Tujuannya supaya semua siswa mampu mengelola jaringan komputer, jaringan internet, dsb.

4. Sistem informatika, Jaringan dan Aplikasi

Ambil jurusan ini harus menempuh pendidikan selama 4 tahun layaknya meneruskan ke perguruan tinggai S1. Sistem Informasi, Jaringan dan Aplikasi merupakan program terbaru dari Kemdikbud yang di mulai pada tahun 2017 lalu. Dibukanya jurusan ini supaya kompetensi yang di miliki siswa di bidang teknologi informasi lebih baik untuk di siapkan di dunia industri pada masa yang akan datang.

Ketika mengambil jurusan ini maka akan mendapatkan materi tentang Infrastruktur Komputasi Awan, Platform Komputasi Awan, Layanan Komputasi Awan, Sistem Internet of Things, dan Sistem Keamanan Jaringan.

Baca: Mengenal Macam-Macam Port Komputer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.