Fungsi Kensington Lock Pada Laptop

Posted on

Kensington lock pada komputer berfungsi untuk mengamankan laptop dari pencurian. Ibaratnya sepeda motor, kensington lock ini adalah tempat untuk memasang gemboknya. Mungkin bila Anda sering berkunjung ke pameran laptop atau di toko komputer pernah melihat ada laptop yang diberi scurity semacam tali kawat itu adalah kensington lock.

Laptop keluaran terbaru dari harga yang murah hingga paling mahal telah dilengkapi port (colokan) untuk memasang kensington lock. Wujud port ini sangat aneh karena berupa kotaka kecil yang ada di samping kanan atau kiri laptop. Letaknya berada paling ujung bagian belakang yang berdekatan dengan engsel LCD/ LED.

Hadirnya port kensington lock memang unik karena sebagian besar pengguna laptop tidak memakainya di rumah, sekolah, maupun kantor. Yang menggunakan selama ini hanyalah penjual laptop. Namun bila Anda mempunyai laptop mahal disarankan memanfaatkan kensington lock sebagai pelindungnya.

Jangan sampai laptop gaming harga puluhan juta rupiah raib digondol maling. Daripada timbul penyesalan dikemudian hari manfaatkan port kensington lock yang ada pada laptop Anda.

Cara Menggunakan Kensington Lock

Yang wajib diketahui oleh pengguna komputer bahwa pabrikan laptop hanya menyediakan port kensington lock saja, supaya bisa mengunci laptop maka memerlukan alat yang bernama kensington lock (scurity lock). Anda bisa mendapatkannya secara online maupun datang langsung ke toko yang menjual sparepart komputer.

Harga kensington lock cukup terjangaku ada yang mulai 32 ribu hingga 100 ribu ke atas. Pokoknya rekomended banget buat mahasiswa yang tinggal di kos-kosan yang cenderung rawan maling. Cukup menyisihkan uang 30 ribuan sudah dapat pelindung anti maling untuk laptop Anda.

Kensington Combination Cable Lock for Laptops
Kensington Lock dengan kombinasi kunci
Kensington Lock With Key
Kensington lock dengan kunci khusus

Gambar di atas adalah contoh kensington lock yang ada di pasaran dengan pilihan kunci yang beraneka ragam seperti kombinasi kode dan kunci khusus.

Ketika menggunakan kensington lock, perasaan was-was jadi hilang karena laptop akan terlindungi. Mau ditinggal tidur, jalan-jalan, atau melakukan aktivitas lain tetap aman.

Demikianlah informasi mengenai kegunaan kensington lock pada komputer laptop. Kesimpulannya adalah alat ini mampu melindungi laptop dari maling.

Baca: Mengenal Berbagai Macam Fungsi Port Pada Komputer Dekstop Maupun Laptop


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.