Cara Menambahkan IDM Integration Module Pada Google Chrome

Posted on

IDM Integration Module adalah extensi browser untuk mengintegrasikan Internet Download Manager dengan Google Chrome atau Chromium Browser. Kedua browser tersebut dikembangkan dengan engine yang sama sehingga extensinya juga sama.

Sebenarnya ketika menginstall aplikasi IDM secara otomatis langsung terintegrasi dengan browser dan langsung bisa digunakan. Masalahnya tidak semua IDM bisa terintegrasi langsung sehingga harus menambahkan sendiri supaya bisa download menggunakan IDM.

Penyebab kenapa browser tidak langsung terhubung dengan IDM dikarenakan terjadinya perbedaan versi browser dengan IDM. Misalnya sekarang Anda menggunakan Google Chrome keluaran 2019 sedangkan IDM yang Anda install keluaran 2018. Tonec Inc mengupdate IDM bebarengan dengan update browser, artinya penyempurnaan aplikasi download disesuaikan dengan browser terbaru.

Baca: Cara Menambahkan Ekstensi IDM Pada Mozilla Firefox

Akibatnya bila browser dan IDM tidak saling terintegrasi yaitu tidak muncul button download ketika membuka YouTube atau tidak langsung terdownload otomatis dengan IDM. Bila Anda mengalami persalahan seperti ini jangan panik berikut ini dijelakan cara mengatasinya.

Cara Menambahkan IDM di Google Chrome dan Chromium Browser

Cara mengintegrasikan IDM ke Google Chrome atau Chromium Browser sebenarnya ada 2 cara yaitu dengan menambahkan extensi IDM Ingeration Module dan IDMGCExt.crx ke extension browser. Selengkapanya silahkan baca penjelasannya berikut ini.

Cara Pertama – Menambahkan Extensi IDM

1. Jalankan Google Chrome atau Chromium Browser, kemudian klik tautan IDM Integration Module
2. Tambahkan module dengan memilih Add to Chrome
3. Lanjutkan pilih Add Extension seperti pada gamber berikut ini

Cara download YouTube dengan IDM

4. Tunggu beberapa saat sampai extensi IDM berhasil ditambahkan sehingga muncul pesan seperti ini

5. Silahkan coba untuk mendownload file video dari YouTube atau download file lainnya maka secara otomatis sekarang terhubung dengan IDM.

Cara Kedua – Menambahkan IDMGCExt.crx ke Extensions Browser

Cara pertama seperti yang telah dijelaskan di atas adalah menambahkan extensi IDM dengan cara mengintegrasikan secara langsung dengan module. Selain itu Anda juga bisa menambahkan extensi IDM secara manual dengan mengcopy file IDMGCExt.crx ke Google Chrome atau Chromium Browser. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke folder installasi IDM atau lebih cepatnya tekan kombinasi tombol Start + R kemudian ketik C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager
2. Cari file IDMGCExt.crx, kalau sudah ketemu biarkan dulu
3. Buka Google Chrome atau Chromium Browser kemudian masuk ke Extensions browser dengan cara klik tiga tanda titik di samping kanan atas browser > More Tools > Extensions
4. Kembali fe folder installasi IDM, silahkan drag file IDMGCExt.crx ke halaman Extensions browser
5. Sekarang Anda berhasil menambahkan IDM ke Google Chrome dan Chromium Browser.

Baca: Cara Menambahkan IDM Pada Browser Microsoft Edge

One thought on “Cara Menambahkan IDM Integration Module Pada Google Chrome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.