Memperbaiki monitor no signal

Memperbaiki Komputer Yang Tidak Menampilkan Gambar

Posted on 5 views

Komputer adalah alat yang paling canggih karena mampu menjalankan perintah dari para penggunanya. Saking canggihnya, komputer dipakai sehari-hari untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu. Namanya buatan manusia pasti tidak selamanya abadi, apalagi ciptaan Tuhan saja bisa sakit.

Seiring lamanya pemakaian pasti ada komponen yang rusak sehingga menyebabkan komputer tidak berfungsi dengan baik seperti tidak mau menampilkan gambar pada layar monitor. Permasalahan ini banyak sekali dialami oleh para netizen dan sebagian besar dari mereka lebih memilih membawa ke tukang service daripada memperbaikinya sendiri.

Bila Anda mempunyai masalah seperti layar komputer blank atau tidak menampilkan gambar jangan panik dulu karena akan dijelaskan cara memperbaikinya. Baiklah berikut ini ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya, silahkan coba satu-persatu pasti salah satunya berhasil.

 

Kipas Menyala Namun Layar Komputer Blank? Berikut Ini Cara Mengatasinya

 

1. Cek Kabel Yang Terhubung ke Monitor

Memperbaiki komputer yang tidak menampilkan gambar dimulai dari paling mudah dulu yaitu mengecek kondisi kabel yang menghubungkan PC ke layar monitor. Periksa ada kabel yang rusak karena dicacah tikus atau tidak, kalau perlu coba pakai kabel lain dan lihat hasilnya.

Kabel graphic card

Cek juga kerapatan port kabel yang menancap ke PC maupun layar monitor, kerenggangan port mengakibatkan layar jadi blank (hitam). Untuk Anda yang menggunakan converter graphic card seperti HDMI to VGA, DVI to VGA, maupun DisplayPort to VGA wajib mengeceknya. Port ini biasanya cepat rusak dan perlu diganti supaya komputer mau menampilkan gambar di layar monitor.

 

2. Cek RAM Komputer

Masalah RAM juga menyebabkan komputer tidak mau menampilkan gambar, coba lepas RAM yang terpasang pada slotnya kemudian bersihkan kaki-kaki RAM dengan penghapus setelah itu pasang kembali. Biasanya cara ini berhasil namun kalau masih gagal coba pindahkan RAM pada slot yang lain. Tidak motherboard menyediakan lebih dari satu slot, ada yang dua, empat, bahkan delapan slot.

Membersihkan slot memory RAM

Kalau hasilnya masih nihil coba ganti RAM dengan yang baru, atau pinjam punya teman dulu untuk mengcekknya. Bila setelah diganti mau menampilkan gambar berarti masalah ada pada RAM komputer.

 

3. Periksa Graphic Card

Memperbaiki VGA onboard

Graphic card adalah komponen komputer yang fungsinya menampilkan gambar ke layar monitor. Jenisnya ada dua yaitu onboard yang menyatu dengan motherboard dan yang menggunakan slot PCI Exspress. Untuk komputer yang graphic cardnya onboard coba pakai yang lain kemudian tancapkan pada slot PCI Express kemudian lihat hasilnya.

Bila berhasil berarti masalah pada pada graphic card onboard yang rusak, daripada beli motherboard baru mendingkan tambahkan graphic card PCI Express.

 

4. Ganti Graphic Card

Graphic card MSI

Yang terakhir untuk pengguna graphic card PCI Express yang tidak menampilkan gambar pada layar monitor kemungkinan kerusakan pada komponen tersebut. Mau tidak mau kalau ingin normal kembali maka harus ganti graphic card yang baru insyaAllah masalah teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.