motherboard tidak shutdown

Motherboard Tidak Bisa Shutdown, Malah Restart

Posted on 29 views

Selama 15 tahun merakit komputer baru kali ini mengalami masalah serius yaitu motherboard tidak bisa shutdown, malah restart lagi dan begitu juga seterusnya. Sudah 2 kali mencoba ganti sistem operasi berbeda hasilnya sama yaitu tidak bisa dimatikan, ketika klik menu shutdown maka komputernya mati sebentar kemudian hidup lagi seperti restart.

Masalah ini muncul ketika mengganti motherboard MSI B85M Gaming dengan ASUS H87-Plus. Motherboard yang lama masih berfungsi dengan baik namun slot PCI-e 3.0 rusak sehingga tidak bisa menggunakan VGA Card. Sebagai gantinya membeli ASUS H87-Plus di Tokopedia seharga Rp. 840.000. Sebelum membeli bertanya dulu kepada penjual apakah ini baru? jawabnya baru.

Dalam deskripsinya ASUS H87-Plus ini baru, namun dikemas menggunakan dosbox cokelat. Garansi yang diberikan adalah toko selama 1 tahun, sedangkan garansi resminya tidak ada. Karena sulit sekali membeli motherboard baru untuk socket LGA 1150, akhirnya mengambilnya.

Pertimbangan lain kenapa memilih chipset H87, karena untuk memaksimalkan kinerja prosesor Intel Core i5 4690K. Selain itu menyesuaikan juga dengan VGA Card yang hanya support PCI-e 3.0, sedangkan chipset H81 masih menggunakan PCI-e 2.0.

Baca: Macam-Macam Slot dan Interface PCI Express

 

Selektif Memilih Motherboard Keluaran Lama

Di marketplace untuk motherboard LGA 1150 yang menggunakan chipset H81 barunya masih banyak, namun untuk B85, H87, dan Z97 sudah tidak ada. Ceritanya seampainya motherboard ASUS H87 datang langsung dicoba rakit dengan komponen lama.

Komputer berhasil dinyalakan, semua slot dan port berfungsi dengan baik namun kendalanya tidak bisa shutdown. Mencoba melepas semua kabel front panel dan menghubungkannya dengan obeng hasilnya tetap. Mati sebentar kemudian hidup lagi, bisa benar-benar mati kalau menekan tombol Power Off yang cukup lama (meskipun tidak direkomendasikan).

Baca: Cara Memasang Kabel Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D. LED

Sudah melepas memory, kabel SATA yang terhubung dengan storage device, dan VGA Card kemudian dipasang kembali hasilnya tetap sama sehingga menyimpulkan ada yang tidak beres dengan motherboardnya. Mencoba clear CMOS dengan Mem OK hasilnya tetap.

Demikianlah informasi mengenai motherboard yang tidak bisa shutdown, mungkin Anda pernah mengalaminya juga? berhati-hatilah dalam membeli motherboard. Selalu cari informasi bahwa yang dijual masih baru dengan garansi resmi, sekarang banyak dijual motherboard lama yang masih bagus seperti baru namun kualitasnya jelek. Mungkin motherboard tersebut tidak lolos tes namun dijual kembali oleh oknum tak bertanggung jawab sehingga masalah muncul ketika dirakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.