motherboard LGA 1150 mahal

Harga Motherboard LGA 1150 Mahal (Intel Haswell)

Posted on 10 views

Harga motherboard LGA 1150 mahal, bahkan cukup mahal untuk second (bekasnya). Mereka yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-4 dengan kode Haswell harus merogoh kocek yang banyak untuk membawa pulang motherboard LGA 1150.

Masalahnya membeli motherboard baru untuk socket tersebut sudah tidak ada, kalaupun ada merupakan sisa unit yang belum terjual. Dari sekian generasi prosesor Intel, hanya Haswell yang mempunyai banyak varian chipset.

Setidaknya ada 4 chipset Intel di generasi Haswell mulai dari H81, B85 Express, H87, dan Z97. Masing-masing chipset menawarkan fitur untuk mengoptimalkan kerja prosesor seperti H81 untuk pengguna office dan B85 untuk gaming. Penggemar overclocking disarankan menggunakan Z97, pakai chipset di bawahnya maka fitur unlocknya tidak ada.

Baca: Motherboard Tidak Bisa Shutdown, Malah Restart

Harga motherboard LGA 1150 sangat tidak masuk akal, untuk bekasnya saja sama dengan harga baru LGA 1200. Di martketplace yang baru cuma motherboard dengan chipset H81, untuk B85 Express ke atas tidak ada. Parahnya lagi ketika mau upgrade menggunakan motherboard keluaran sekarang harus membeli prosesor dan memory karena beda socket dan tipe memory.

Intel Haswell masih menggunakan memory DDR3, sekarang sudah DDR4. Saran saja buat pembaca yang ingin merakit PC dan memikirkan kedepannya untuk upgrade maka pilih AMD yang tetap menggunakan socket AM4 untuk semua prosesornya.

 

Kenapa Motherboard LGA 1150 Mahal?

Ada yang mengatakan kalau Intel Haswell adalah prosesor yang paling handal dibandingkan generasi lainnya, ini hanya anggapan kecil saja namun bisa mempengaruhi harga pasar sehingga motherboard bekasnya mahal.

Alasan yang tepat dan masuk akal karena sudah tidak diproduksi lagi namun peminatnya banyak makanya penjual berani memberi tarif yang tinggi. Kalau sudah begini pengguna Intel Haswell harus membeli motherboard LGA 1150 bila ingin komputernya nyala. Mau ganti motherboard beda socket juga tidak bisa, serba mubazir pokonya.

Dari semua chipset yang telah dijelaskan di atas hanya H81 yang masih support PCI-e 2.0, lainnya PCI-e 3.0. Artinya jika sekarang Anda menggunakan VGA Card dengan slot PCI-e 3.0 maka percuma saja membeli motherboard baru LGA 1150 H81. Adanya bekas baru bisa memanfaatkan VGA Card yang telah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.