komplain di marketplace

Cara Mempercepat Komplain di Martketplace

Posted on 6 views

Setiap pembeli (buyer) pasti menginginkan barang yang dibelinya dalam keadaan normal, tidak rusak maupun cacat. Adakalanya ketika beli barang di martketplace tidak sesuai keinginan, sesampainya paket datang ketika dibuka malah rusak. Anda dapat dapat mengajukan komplain kepada seller namun biasanya ada yang menanggapi kurang menyenangkan bahkan membatalkan pengajuan komplain dari buyer. Berikut ini ada tips cara mempercepat komplain di martketplace, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang punya masalah dengan pembelian online.

Komplain adalah cara yang dilakukan untuk meminta pertanggung jawaban seller atas barang yang telah dibeli karena rusak, cacat, maupun salah kirim. Dalam hal ini bila Anda belanja di marketplace maka pihak marketplace sebagai mediator untuk mencari solusi terbaik antara buyer dan seller.

Bila data komplain yang dilampirkan kurang kuat biasanya dana terus dikirimkan ke buyer, untuk itu Anda harus mengantisipasinya sejak dini ketika paket datang terutama untuk barang elektronik yang harganya mahal. Jangan sampai beli hape mahal, sesampainya paket malah tidak bisa dipakai.

TERAA.NET sendiri juga pernah jualan di martketplace dan sering juga belanja di sana. Karena punya pengalaman sebagai buyer dan seller inilah bisa berbagi pengalaman kepada Anda. Berikut ini ada tips mempercepat komplain belanja online di martketplace.

 

Cara Mendapatkan Persetujuan Komplain

 

Rekam Proses Unboxing

Ketika paket datang jangan langsung dibuka dan dipakai, dokumentasikan dulu proses membuka paketnya (unboxing) dan sampai ke proses pemasangannya (khusus peralatan elektronik) melalui rekaman video. Kalau menggunakan foto biasanya kurang kuat sebagai bukti komplain, karena gambarnya tetap dan tidak bisa menangkap setiap detik momen.

Simpan video tersebut untuk jaga-jaga seandainya paket rusak/ tidak sesuai bisa digunakan sebagai barang bukti ketika melakukan komplain. Merekam dengan menambahkan narasi dari suara Anda sendiri semakin memperkuat pesan isi video.

Hubungi Seller/ Penjual

Seller itu ada yang amanah dan tidak, terkadang ketika ada buyer komplain menanggapinya cuek saja. Ada juga yang amanah, enak diajak ngobrol mencari solusi paket yang rusak. Lakukan komunikasi secara efektif melalui fitur chat yang disediakan oleh marketplace untuk mendapatkan solusi.

Screenshot Chat

Setelah melakukan komunikasi dengan seller, rekam setiap percakapan dengan screenshot. Hasilnya bisa dijadikan lampiran tambahan selain video dalam pengajuan komplain.

Baca: Perbedaan Marketplace dan Toko Online

Demikianlah informasi cara komplain di martketplace supaya diterima, dalam hal ini Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dsb hanya sebagai perantara antara buyer dan seller. Jika ada komplain biasanya diserahkan pada seller untuk menerimanya atau tidak, semakin kuat bukti yang dilampirkan ketika melakukan komplain maka tidak ada alasan untuk menolaknya.

Baik seller dan buyer sama-sama diberi kesempatan untuk menjelaskan kondisi paket tersebut dengan lampiran video, foto, dan deskripsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.