interface PCI Express

Macam-Macam Slot dan Interface PCI Express

Posted on 37 views

Mengenal macam-macam interface PCI Express penting sekali untuk Anda yang akan membeli VGA Card. Tanpa pemahaman yang cukup kemungkinan salah beli VGA Card bisa terjadi seperti tidak bisa dipasang pada motherboard.

Interface PCI Express berbeda dengan slot PCI Express namun keduanya saling berkaitan. Slot adalah tempat untuk menaruh VGA Card sedangkan interface adalah ujung/ kaki VGA Card yang akan ditancapkan ke dalam slot.

Slot PCI Express merupakan bagian dari slot VGA Card, bila dulu ada slot AGP sekarang semuanya menggunakan PCI Express yang memiliki transfer data lebih cepat. Macamnya banyak sekali mulai dari PCI-ex 1x hingga PCI-ex 32x.

Baca: Mengenal Macam-Macam Port Komputer

 

Pengertian PCI Express

PCI Express atau PCIe/ PCIex) adalah slot ekspansi yang didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI Express karena memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/ baca) dalam satu rute clock.

 

Perbedaan Kecepatan Macam-Macam PCI Express

Berikut ini adalah tabel kecepatan masing-masing PCI Express dari yang terendah tingga tertinggi. Setelah mengetahui kecepatannya sekarang coba lihat apakah motherboard yang akan Anda beli mendukung slot terbaru kemudian tinggal menyesuaikan VGA Card yang menggunakan interface terbaru.

 

Perbedaan Ukuran dan Jumlah PIN PCI Express

Setelah memperhatikan tabel di atas tentunya Anda bertanya-tanya, apa maksud kode angka dan X pada macam-macam slot PCI Express. Ternyata kode tersebut mewakili jumlah PIN dan panjang dari slot PCI Express. Selengkapnya seperti berikut ini.

  1. PCI Express x1: 18 pin (25 mm)
  2. PCI Express x4: 32 pin (39 mm)
  3. PCI Express x8: 49 pin (56 mm)
  4. PCI Express x16: 82 pin (89 mm)
  5. PCI Express x32: masih baru.

 

Macam-Macam PCI-ex 16x

Pada motherboard Anda bakal menemukan PCIe 2.0, PCIe 3.0, dsb. Setiap nomor setelah PCIe yang Anda temukan pada slot biasanya menunjukkan nomor versi terbaru dari spesifikasi PCI Express yang didukung. Begini caranya melihat versi PCI Express jika dibandingkan dengan performa kecepatan yang didukungnya:

  1. PCI Express 1.0/ PCIe 1.0: 2 Gbit/ s per lajur (32 Gbit/ s pada slot x16)
  2. PCI Express 2.0/ PCIe 2.0: 4 Gbit/ s per lajur (64 Gbit/ s pada slot x16)
  3. PCI Express 3.0/ PCIe 3.0: 7.877 Gbit/ s per lajur (126,032 Gbit/ s pada slot x16).

Baca: Mengenal DisplayPort, HMDI, DVI, dan VGA

Perbaikan versi juga biasanya memperbaiki bug, menambahkan fitur, dan meningkatkan manajemen daya, namun peningkatan bandwidth merupakan perubahan yang terpenting yang dan perlu diperhatikan dari versi ke versi.

 

Pengertian Interface PCI Express x16 (uses x8)

Mungkin ketika akan membeli VGA Card menjumpai spesifikasi seperti berikut ini: PCI Express x16 (uses x8), lalu apa artinya? VGA Card tersebut menggunakan slot PCI Express x16 (PCI-ex 16x) tetapi memiliki 49 pin dengan panjang 89 mm.

 

Tips Membeli VGA Card Untuk Meningkatkan Perfoma Grafis

Misal VGA Card PCIe 3.0 x16 akan memberi kinerja terbaik, itupun jika motherboard mendukung PCIe 3.0 dan memiliki slot PCIe x16 . Jika motherboard hanya mendukung slot PCIe 2.0, VGA Card yang sebenarnya mendukung PCIe 3.0 akan menyesuaikan kecepatan yang didukung 2.0 (misalnya, 64 Gbit/ s di slot x16).

Artinya keduanya harus saling mendukung dengan menyesuaikan slot VGA Card dan interface pada VGA Card.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.