Kipas VGA AMD Radeon Tidak Berputar

Memperbaiki Kipas VGA AMD Radeon Tidak Berputar

Posted on 62 views

Memperbaiki kipas VGA AMD Radeon tidak berputar adalah suatu cara yang dilakukan untuk membuat VGA Card normal kembali tanpa ada kerusakan pada kipasnya. Bila Anda mempunyai masalah tiba-tiba VGA pada komputer kipasnya tidak berputar maka tepat sekali membaca artikel ini karena akan dibagikan cara memperbaikinya.

Kerusakan VGA Card atau Kartu Grafis itu bentuknya bermacam-macam mulai dari tidak berputarnya kipas dan tidak mau menampilkan gambar pada layar monitor. Selama masih mau menampilkan gambar namun kipas VGA tidak berputar itu belum tentu rusak karena bisa disebabkan dari drivernya itu sendiri. Driver adalah software untuk mengoptimalkan kinerja hardware, dalam hal ini VGA Card.

Fungsi kipas VGA adalah untuk menjaga suhu pada chipset supaya tetap dingin sehingga tetap berjalan lancar ketika digunakan untuk bermain game maupun melakukan editing foto/ video. Pendingin VGA Card biasanya terdiri dari lempengan tembaga dan kipas, kombinasi diantara keduanya diharapkan dapat menjaga suhu aman pada chipsetnya.

 

Penyebab Kipas VGA Tidak Berputar

AMD merupakan salah satu produsen VGA Card yang cukup terkenal dan telah menjadi saingan berat nVidia. Sekarang ini kalau tidak memakai VGA AMD ya VGA nVidia. Khusus pengguna AMD bila tiba-tiba kipas VGA tidak berputar itu bisa disebabkan dari pengaturan default Radeon Software.

Update terbaru driver Radeon Software Adrenalin menjadikannya serba otomatis/ auto yang artinya kipas mau berputar bila dalam kondisi panas seperti ketika digunakan untuk bermain game dan render foto/ video. Kalau hanya untuk browsing, mengetik menggunakan program office kipasnya tidak berputar.

Baca: Cara Install Driver AMD Radeon di Windows
Baca: Cara Install Driver AMD Radeon di Linux

 

Cara Mengatasi Kipas VGA AMD Tidak Berputar

Setelah mengetahui penyebabnya selanjutnya memperbaiki melalui pengaturan yang ada di AMD Radeon Sofware, caranya adalah sebagai berikut:
1. Jalankan AMD Radeon Software pada komputer Anda
2. Setelah terbuka pilih tab menu Perfomace > Tuning
3. Perhatikan pada bagian Fan Tuning, bila statusnya Auto (otomatis) ubah menjadi tidak otomatis dengan selalu membuat kipas VGA AMD Radeon berputar. Caranya geser ke kanan pada Fan Control (%)

4. Sekarang coba lihat kipas VGA Card AMD Radeon Anda, berputar kan?

Demikianlah informasi cara memperbaiki kerusakan VGA Card yang kipasnya tidak berputar. Tutorial ini khusus bagi pengguna AMD Radeon, untuk chipset lain cara penanganannya berbeda.

Selain melalui artikel, TERAA.NET juga menjelaskan ini melalui tayangan YouTube: Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar atau Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.