memory dual channel adalah terbaca single channel

Mengatasi Memory Dual Channel Terbaca Single Channel

Posted on 32 views

Permasalahan umum yang sering terjadi pada memory dual channel adalah terbaca single channel sehingga memory tersebut tidak bisa berjalan maksimal karena berada dijalur yang salah.

Apakah yang menyebabkan memory dual channel terbaca singel channel disebabkan karena memory rusak? atau mendapatkan barang tiruan/ fake? jawabannya belum tentu. Bisa juga hal itu disebakan terjadi kesalahan pada pemasangan memory di motherboard.

Memory dual channel adalah memory yang terdiri dari 2 keping memory dan saling berkaitan. Artinya tidak bisa dipasang salah satu, keduanya harus terpasang pada motherboard. Misalnya Anda membeli memory sebesar 16 GB yang terdiri dari 2 keping memory masing-masing 8 GB.

Mestinya komputer menggunakan memory 8 GB sudah cukup, namun kalau itu diambil dari salah satu memory dual channel maka tidak bisa. Sistem BIOS tidak akan mendeteksi adanya memory, harus terpasang semuanya.

Baca: Macam-Macam Slot dan Interface PCI Express

Berbeda ketika Anda membeli memory single channel 8 GB sebanyak 2 keping, kalau dipasang semuanya totalnya 16 GB. Ketika salah satu memory rusak tetap bisa berjalan, berbeda dengan memory dual channel.

 

Kenapa Harus Menggunakan Memory Dual Channel

Kalau ada yang bertanya kenapa harus menggunakan memory dual channel? pakai single channel kan bisa? jawabannya adalah perfoma.

Mereka yang tidak terlalu memahami hardware komputer pasti mengira keduanya sama, padahal kalau sudah terpasang perfomanya jelas beda meskipun spesifikasinya sama.

Itu alasannya kenapa game dan desain grafis yang ingin merakit PC pasti disarankan menggunakan memory dual channel.

Memory dual channel ini juga bisa dipasang di laptop asalkan mempunyai 2 slot memory. Rata-rata yang menyediakan 2 slot sekarang adalah laptop kelas gaming dengan harga cukup mahal.

 

Cara Membaca Memory Dual Channel atau Single Channel

Gunakan aplikasi CPU-Z untuk mengetahui apakah pemasangan memory sudah tepat. Meskipun Anda mengecek melalui propertis telah terbaca total memory tetapi status dual channelnya belum tentu terbaca, malah bisa terbaca singel channel seperti berikut ini.

Caranya download CPU-Z, kemudian install dan jalankan. Pilih tab memory dan lihat hasilnya.

Setelah diperbaiki hasilnya terbaca menjadi dual channel seperti berikut ini

 

Penyebab Memory Terbaca Single Channel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kenapa seharusnya terbaca dual channel malah jadi single channel karena kesalahan pemasangan memory pada slot yang ada pada motherboard.

Misalnya pada motherboard terdiri dari 4 atau 8 slot memory, kalau Anda memasang memory dual channel berurutan pada slotnya maka terbaca single channel.

Memasangnya harus melewati 1 slot atau skip. Kalau motherboard yang Anda gunakan slot memory dikasih warna maka mudah sekali dalam pemasangan, kecuali yang pakai 1 warna.

 

Cara Memperbaiki Memory Dual Channel Terbaca Single Channel

Silahkan perhatikan gambar berikut ini dimana terpasang 4 keping memory DDR4. Setiap pembelian memory dual channel maka mendapatkan 2 keping, kalau 2 maka dapat 4 keping. Pasang sepaket memory dual channel pada lajur slot yang sama seperti diberi tanda seperti ini.

Motherboard di atas terdiri dari 2 slot memory berwarna abu-abu dan hitam. Jangan pasang berurutan, misalnya sepaket memory dual channel pada slot abu-abu dan hitam maka dipastikan terbaca single channel.

 

Pertanyaan Yang Sering Muncul Seputar Memory Dual Channel

Bagaimana kalau slot memory hanya terdiri dari 1 warna?
Misalnya kalau slot memory hanya warna hitam maka pemasangan memory tinggal melewati 1 slot dan begitu juga seterusnya.

Apakah motherboard yang terdiri hanya 2 slot memory bisa dipakai memory dual channel?
Tentu bisa, motherboard yang hanya memiliki 2 slot memory telah dirancang untuk bisa dipasang memory dual channel.

Baca: Memperbaiki Kipas AMD Radeon Tidak Terbaca

Demikianlah informasi cara mengatasi/ cara memperbaiki memory dual channel terbaca single channel. Setelah Anda menerapkan sesuai yang dijelaskan TERAA.NET maka memahami pemasangan memory yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.