Cara Memilih Jaringan 4G LTE/ 3G/ 2G Pada Android Xiaomi

Posted on 11 views

Jaringan internet dari operator seluler GSM jenisnya sangat beragam yaitu mulai dari 2G (Edge), 3G (HDSPA), dan 4G LTE. Di Indonesia sendiri jaringan seluler dan internet yang paling luas adalah milik Telkomsel. Jaringan 4G LTE Telkomsel kini hadir hampir disetiap kecamatan, jika ada daerah yang belum terjangkau 4G LTE pasti ada di pedalaman luar Jawa.

Sekarang masyarakat desa bisa merasakan kecepatan internet 4G LTE dan 3G, jadi kesempatan untuk memperoleh informasi dari internet peluangnya sama besar dengan yang hidup di perkotaan. Bila dulunya buku adalah jendela dunia, kini internet adalah jendelanya. Terjadinya pergeseran nilai sumber belajar dari buku ke internet akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan internet, para pabrikan smartphone merespon dengan mengeluarkan smartphone yang suport jaringan 4G LTE, 3G, dan 2G. Seperti halnya Android Xiaomi keluaran terbaru pasti sudah mendukung jaringan 4G LTE. Karena penyebaran jaringan 4G LTE belum sepenuhnya merata maka operator seluler masih mempertahankan jaringan 3G dan 2G.

Paket data Telkomsel misalnya yang menyediakan kuota 4G LTE dan 3G. Bila Anda menggunakan default 4G LTE maka ketika kuota habis tidak bisa beralih menggunakan 3G. Supaya bisa menggunakan 3G dan begitu juga sebaliknya harus merubah settingan default pada pengaturan SIM Card sehingga bisa menggunakan jaringan 3G.

Baca: Paket Internet Murah Telkomsel Simpati 30 GB

Pengertian Jaringan 2G/ 3G/ 4G LTE

Jaringan 2G

2G adalah singkatan atau kepanjangan dari Second Generation yaitu generasi kedua dari teknologi jaringan telepon selular dan yang pertama menggunakan enkripsi digital pada suatu percakapan. 2G menjadi jaringan telekomunikasi seluler generasi kedua yang diluncurkan secara komersial pada standar GSM. Jaringan 2G adalah yang pertama untuk menawarkan layanan data dan pesan teks SMS. Jaringan 2G didasarkan pada jaringan digital, mampu meningkatkan kualitas panggilan dan juga mengurangi transmisi data yang kompleks. Keuntungan dari jaringan 2G memungkinkan konektivitas di seluruh dunia, dalam bentuk Semi Global Roaming.

Jaringan 3G

3G adalah singkatan atau kepanjangan dari Third Generation yaitu generasi ketiga dari teknologi jaringan telekomunikasi, telah menjadi populer terutama kemampuan mengakses Internet melalui perangkat seperti smartphone dan tablet. Jaringan 3G menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dari 2G dan yang pertama untuk memungkinkan panggilan video. 3G, memiliki kecepatan transmisi yang berkisar antara 384 Kbps – 2 Mbps. 3G sebenarnya memiliki kemampuan transmisi data yang lebih, memungkinkan panggilan suara dan video, transmisi file, internet, TV online, melihat video kualitas tinggi, bermain game dan banyak lagi.

Jaringan 4G LTE

4G LTE adalah singkatan atau kepanjangan dari Fourth Generation Long Term Evolution. Ini sebenarnya merupakan kombinasi dari dua istilah yang berbeda dan memiliki standar tersendiri. G merupakan singkatan dari Generation alias Generasi, sedangkan angka di depannya merupakan tingkatannya. LTE adalah singkatan atau kepanjangan dari Long Term Evolution. Teknologi ini telah dipasarkan dan dikenal secara umum dengan istilah 4G LTE.

Cara Mengatur Pemilihan Jaringan 4G LTE/ 3G/ 2G Pada Android Xiaomi

1. Buka Settings atau pengaturan Android Xiaomi kemudian pilih SIM cards & mobile network
4G LTE
2. Perhatikan SIM Card mana sebagai default internetnya, SIM 1 atau SIM 2. Contoh ini menggunakan SIM 2 maka pilih SIM 2
3. Lanjutkan dengan memilih Preferred network type
3G
4. Pilih jaringan yang ingin Anda gunakan, bisa 4G LTE, 3G, atau 2G. Sesuaikan dengan kondisi jaringan di mana Anda berada, bila adanya 3G ya pakailah 3G.

Artikel ini sejatinya ditujukan untuk Anda yang menggunakan smartphone Xiaomi dan ingin memilih jaringan 4G LTE atau 3G. Harapannya semoga pertanyaan Anda tentang bagaimana cara memilih mode 4G LTE atau 3G dapat terjawab. Demikianlah informasi cara memilih jaringan 4G atau 3G pada Android Xiaomi. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *