Macam-Macam ROM Xiaomi

Mengenal Macam-Macam Jenis ROM Xiaomi (Official)

Posted on

Bicara tentang Android pasti tak bisa dipisahkan dari yang namanya ROM atau Firmware. ROM yang dibahas di sini adalah miliknya Xiaomi yang bernama MUI. TERAA.NET tertarik membahas ini karena pengguna smartphone Xiaomi jumlahnya cukup banyak sehingga segala informasi yang berkaitan dengan ROM Xiaomi wajib dibagikan kepada Mi Fans (sebutan pengguna Xiaomi).

ROM adalah nama sistem operasi Android yang telah dicustom dan disesuaikan dengan ciri khas pabrikan. Google memberi kebebasan kepada mereka yang telah bekerja sama untuk mengcustom sesuai selera masing-masing pabrikan. Pengguna Android seperti Anda juga bebas mengoprek sistem operasi ini karena bersifat Open Source.

Bila Anda mengikuti perkembangan Xiaomi sejak ia berdiri sampai sekarang pasti pernah mendengar ROM Distributor, Global, Stable, dan Developer. Pilihan bermacam-macam ROM ini dulunya tersedia di official websitenya MUI, namun sekarang sepertinya pihak Xiaomi hanya fokus pada 2 ROM yaitu Stable ROM dan Developer ROM, selengkapnya bisa Anda cek di MUI.

Macam-Macam ROM Xiaomi (Official)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ROM versi resminya cuma ada 2 yaitu Stable dan Developer. Kedua ROM tersebut masuk dalam kategori Global yang mempunyai beberapa perbedaan, jadi ketika ingin mendownloadnya untuk flashing/ upgrade sesuaikan dengan kebutuhan.

1. Stable ROM

Stable ROM adalah yang paling stabil diantara ROM Xiaomi lainnya. ROM ini sudah melalui serangkaian uji coba dan setelah dipastikan semuanya berjalan normal maka dirilis ke publik. Kalau di Indonesia, smarphone Xiaomi yang garansinya TAM pasti menggunakan Stable ROM.

Pengalaman setelah mendownload sendiri Stable ROM di MUI ternyata sudah suport beberapa bahasa di dunia, termasuk Indonesia. Karena ini versi paling stabil biasanya mendapatkan update setiap bulan sekali, bahkan lebih.

Stable ROM sangat direkomendasikan untuk Mi Fans yang tidak mau ribet dengan notifikasi update seperti Developer ROM. Ketika menggunakan ROM ini dijamin semua fungsi yang ada pada smartphone berjalan dengan baik.

2. Developer ROM

Seperti namanya, Developer ROM memang dikhususkan untuk para pengembang MUI. Ketika menggunakan ROM ini maka Mi Fans sering mendapatkan update dari serangkaian uji coba yang dilakukan oleh developer. Keuntungannya adalah selalu update terhadap perkembangan MUI, namun meskipun update belum bisa dijadikan jaminan karena versi uji coba (beta).

Developer ROM akan mengupdate secara otomatis ketika smartphone Xiaomi terhubung dengan jaringan Wifi setiap seminggu sekali. Pokoknya cocok banget untuk Mi Fans yang tidak mau ketinggalan tentang Xiaomi.

ROM Xiaomi Yang Beredar Dipasaran

1. ROM Distributor

ROM Distributor adalah ROM Xiaomi yang telah disesuaikan untuk kepentingan distributor, bukan Mi Fans. Biasanya distributor tersebut menyisipkan iklan pada smartphone yang dijualnya. Iklan berasal dari mereka yang telah menjalin kerja sama dengan distributor.

Cara mengenali ciri-ciri ROM Distributor adalah dari iklan. Bila Anda membeli smartphone Xiamo sering keluar iklan dipastikan mendapatkan ROM Distributor.

2. ROM China

Xiaomi adalah smartphone Android yang berasal dari China. Untuk penjualan di negaranya sendiri yang dipasang adalah ROM China yang tertuliskan bahasa China. ROM ini dulu bisa diunduh di MUI, namun sekarang tidak tersedia lagi. Mungkin kalau diakses dari China baru linknya muncul.

Yang membedakan ROM China dan ROM lainnya adalah tidak ada aplikasi buatan Google. Di negara Tirai Bambu, semua layanan Google dilarang sehingga daripada mubazir tidak bisa dikases maka tidak dipasang aplikasi Google seperti GMAIL, Google Drive, dan lain sebagainya.

Pengklasifikasian ROM Xiaomi

ROM Xiaomi yang macamnya banyak sekali tersebut dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu MIUI ROM Global untuk pangsa pasar internasional dan MUI ROM China untuk dalam negeri China.

Keduanya dipecah lagi menjadi versi Stable dan Developer sehingga menjadi seperti ini:

MUI ROM Global
1. Stable ROM
2. Developer ROM.

MUI ROM China
1. Stable ROM
2. Developer ROM.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam ROM Xiaomi, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi Mi Fans di seluruh dunia, termasuk Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.