Mengetahui Versi NET Framework

Mengetahui Versi NET Framework Dengan 4 Cara

Posted on 29 views

Cara mengetahui versi NET Framework yang telah terinstall di komputer bukanlah perkara gampang karena tidak bisa dicek melalai Add or Remove Program (kecuali Windows 7). Anda bisa melihat versi NET Framework menggunakan Registry Editor, Command Prompt, Add Remove Program, dan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama NET Version Detector.

Sebelum menuju tahap pembahasan sebaiknya mari pahami dulu tentang NET Framework yang ada di komputer kita. Dalam paket installasi Windows, NET Framework telah include di dalamnya namun hanya versi tertentu saja. Misalnya ketika menggunakan Windows 10 maka yang terinstall adalah versi 4.8, versi dibawahnya harus install sendiri.

Menurut TERAA.NET, bisa cek versi NET Framework itu penting karena ada beberapa program yang mengharuskan install NET Framework versi tertentu baru bisa dijalankan. Program tersebut biasanya dikembangkan menggunakan bahasa buatan Microsoft seperti Visual Basic dan C++.

 

Fungsi dan Macam-Macam Versi NET Framework

Fungsi NET Framework yang ada di komputer adalah sebagai sebagai penerjemah dan pengeksekusi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan pada sistem operasi Windows.

Berikut ini adalah tabel NET Framework yang dikutip dari Wikipedia. Versinya terus bertambah seiring adanya pembaharuan dari Windows.

Macam-Macam Versi .NET Framework

 

4 Cara Cek Versi NET Framework

Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk cek versinya, yaitu melalui Registry Editor, Add or Remove Program, dan ASoft .NET Version Detector. Selengkapnya baca penjelasannya berikut ini.

 

1. Melalui Registry Editor

Buka Registry Editor dengan cara mengetik “Registry Editor” tanpa tanda kutip di pencarian Windows atau Type here to Search. Setelah Registry Editor terbuka cek seperti ini: HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > NET Framework Setup > NDP.

Cek .NET Framework Melaui Registry Editor
Cek .NET Framework Melaui Registry Editor

NDP: v2, v3, v3.4, v4, v4.0 adalah versi yang telah terinstall pada komputer Windows.

 

2. Melalui Command Prompt

Selanjutnya bisa memanfaat Command Prompt yang ada di Windows untuk melihat versi NET Framework. Caranya ketik “Command Prompt” tanpa tanda kutip di pencarian Windows atau Type here to search Enter.

Kemudian ketik perintah berikut ini dir %windir%\Microsoft.NET\Framework /AD. List NET Framework ditampilkan secara apik melalui Command Prompt.

Cek .NET Framework Melalui Command Prompt
Cek .NET Framework Melalui Command Prompt

 

3. Melalui Add or Remove Program

Yang ke-3 ini paling mudah dilakukan, namun hanya untuk pengguna Windows 7 saja. Caranya buka Control Panel > Add or Remove Program. Kemudian lihat versi NET Framework seperti berikut ini.

Cek .NET Framework Melaui Add or Remove Program
Cek .NET Framework Melaui Add or Remove Program

4. Dengan Aplikasi ASoft .NET Version Detector

Selanjutnya bisa menggunakan ASoft .NET Version Detector dengan mendownloadnya di sini (download Asoft). Setelah itu ekstrak filenya menggunakan 7Zip atau WinRar, kemudian jalankan dotnet dengan klik 2X.

Cek .NET Framework Dengan ASoft .NET Version Detector
Cek .NET Framework Dengan ASoft .NET Version Detector

ASoft .NET Version Detector akan menampilkan daftar NET Framework yang telah terinstall pada komputer Windows. Bila keterangannya masih kosong atau abu-abu berarti belum ada di komputer dan Anda harus install.

Baca: Cara Install .NET Framework 3.5, 3.0, 2.0 di Windows 10

Demikianlah informasi cara mengetahui atau melihat NET Framework yang telah terinstall pada komputer. Semoga bermanfaat dan pilih salah satu cara yang Anda anggap paling mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.