Cara mengunci layar Windows 10

Cara Menambahkan Password Windows 10 (Kunci Dekstop)

Posted on

Cara menambahkan password user account pada Windows 10 – Salah satu cara melindungi komputer dari tangan jahil adalah dengan mengunci layar pada Windows 10. Metode pengamanan ini bisa disebut juga password log in/ log off, sig in, atau mengunci layar.

Pengguna Windows 10 tidak perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk mengunci komputer, cukup menggunakan fitur local account maka komputer terlindungi dengan aman. Sebenarnya opsi pengisian password ini ada sejak installasi Windws 10, namun banyak yang melewatkannya karena tidak berhasil.

Bila Anda telah mencoba membuat password pada saat installasi namun gagal itu dikarenakan New Password dan Reenter Password harus beda dengan Password Hint. Yang perlu diperhatikan adalah jika sebelumnya account yang dapat ditambahkan keamanannya hanya account dengan tipe administrator maka jika yang dibuat bukan bertipe administrator sebaiknya mengubahnya terlebih dahulu melalui menu User yang ada di Control Panel.

Baca: Mengenal Macam-Macam Baut Pada PC (Komputer)

Cara mengunci layar Windows 10 dengan password user account bisa melalui 2 cara yaitu dari menu Settings dan Control Panel. Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara ini yang dianggap paling mudah. Tutorial yang dibagikan berikut ini bisa juga diterapkan di Windows 8.1/8/7/XP.

Fitur user account pada Windows telah include disemua seri Windows dan tinggal dijalankan saja. Dengan user account memungkinkan para pengguna Windows membuat beberapa account di satu komputer dan semuanya bisa dikasih password.

Selain membagikan informasi bagaimana cara mengunci Windows 10, pada artikel ini juga dibahas cara menghilangkan atau remove password user account. Tujuannya adalah bila dikemudian hari ada yang berubah pikiran untuk menghapus password tidak kesulitan.

1. Cara Menambahkan Password Pada Windows 10 Dengan Settings

1. Buka menu Settings pada Windows 10 dengan cara klik Start kemudian pilih icon bergerigi (Settings) seperti pada gambar di bawah ini
 2. Windows Settings > pilih Accounts (Your accounts email, sync, work, family)
 3. Sign-in options > pilih Password > Add
 4. Create a password, isi New password dan Reenter password. Ingat untuk password hint harus beda dengan password di atasanya. Lanjutkan dengan memilih Next
 5. Next time you sign in, user new password > Finish
 6. Kini Anda berhasil menambahkan password pada Windows 10. Password ini akan bekerja ketika komputer baru dinyalakan, log in/ log off, dan sleep.

 

2. Cara Membuat Password Log in Windows 10 Melalui Control Panel

Cara kedua ini sebenarnya hasilnya sama seperti cara pertama, yang membedakan terletak pada cara membuatnya. Bila yang pertama melalui menu Settings maka cara kedua melalui User Accounst pada control panel. Baiklah berikut ini cara menambahkan passwprd log in Windows 10:

1. Buka Control Panel > kemudian pilih User Accounts
 2. Manager another account
 3. Klik pada Local Account
 4. Buat password dengan memilih Crate a password
 5. Ketik password seperti pada cara pertama, untuk password hint harus beda dengan password utama
6. Pilih Create password, selamat kini komputer Anda telah terlindungi oleh password user account.

Cara Menghapus/ Remove Password User Account Windows 10

Poin terakhir ini sebagai penyempurna tulisan di atas, bila bisa nenambahkan password user account tentu juga bisa menghapusnya. Caranya tidak sesulit seperti yang dibayangkan, asalkan mau mencoba pasti bisa. Bila Anda mencari menu atau tulisan delete/ hapus password dijamin nggak ketemu karena Windows tidak menyertakannya.

Untuk menghilangkan password tersebut caranya adalah dengan mengetik sandi kosong sebanyak 2 kali. Supaya lebih jelas silahkan simak caranya berikut ini:
1. Buka User Account pada Control Panel
2. Langsung saja pilih create account
Menghapus passwod user account Windows 103. New password: kosongkan, Confirm new password: kosongkan, Type a password hint jangan diisi
4. Lanjut dengan memilih Create password
5. Kini komputer Windows 10 Anda terbebas dari password user account.

Demikianlah informasi cara menambahkan password, mengunci layar Windows 10, dan menghapusnya. Bila ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.