Perbedaan Prosesor Box dan Tray, Bagusan Mana?

Posted on 105 views

Untuk Anda yang sering merakit komputer dengan membeli komponen secara terpisah tentu tahu perbedaan prosesor Box dan Tray. Kalau belum pernah menemukan prosesor yang dijual dengan kemasan Box dan Tray berarti jam terbangnya belum tinggi. Sebenarnya kedua prosesor tersebut sebenarnya sama-sama dibungkus Box namun yang Tray hanya berupa kertas coklat.

Anda dapat dengan mudah menemukan prosesor Box dan prosesor Tray atau tanpa Box di toko online, kalau tidak percaya silahkan telusuri di Tokopedia, Bukalapak, dan Shoope. Tersedianya 2 jenis prosesor ini membingungkan calon pembeli yang kurang paham akan jenis penjualan prosesor.

Jadi ceritanya begini, Intel menjual prosesor dalam 2 tipe kemasan, yang pertama menggunakan Box berwarna biru dan yang kedua berupa Box kertas kardus coklat. Harganya prosesor Tray lebih murah jika dibandingkan prosesor Box namun tipe Tray sulit ditemukan di toko komputer offline.

Kebanyakan toko komputer offline menjual prosesor Box daripada Tray, toh kalaupun ada biasanya didapatkan secara online. Untuk mencari keuntungan biasanya tukang rakit komputer menggunakan Tray daripada Box karena selisih harganya cukup tinggi.

Ngomongin prosesor Box dan tanpa Box harus lepas dari 2 brand besar seperti Intel dan AMD karena yang beda hanya kemasan penjualannya saja. Prosesor Box kerap ditemui pada Intel sedangkan untuk AMD jarang sekali. Hems gimana… sudah tahu perbedaannya bukan? kalau belum puas silahkan membaca penjelasan yang lebih detail berikut ini.

Perbedaan Prosesor Box dan Tanpa Box
Sebelah kiri Prosesor Box original dari Intel dan sebelah kanan Prosesor Tray

 

Perbedaan Prosesor Box VS Tanpa Box

Cara paling mudah mengetahui kedua perbedaan prosesor Box dan Tray adalah dengan mengamati paket penjualannya. Setidaknya ada 4 poin yang harus Anda pahami tentang Box dan Tray.

 

1. Prosesor Box VS Tray Spesifikasi dan Kualitasnya Sama

Kalau ingin menghemat anggaran ketika merakit komputer usahakan memakai prosesor yang dijual tanpa Box karena selisih hanya ada 1 juta lebih. Meskipun begitu spesifikasi dan kualitasnya sama asalkan seri prosesor yang dibandingkan juga sama. Adanya prosesor Tray menguntungkan para pebisnis komputer untuk itu calon pemberi harus selektif dan berani menanyakan prosesor Box atau Tray.

2. Perbedaan Kemasan

Sebenarnya yang membedakan hanya pada kemasan penjualan saja, sang satu dibungkus Box biru berlogo Intel dan satunya lagi hanya Box kardus coklat. Untuk mereka yang baru pertama kali melihat prosesor Tray dikira KW atau bekas karena dari bungkusnya tidak meyakinkan sama sekali namun setelah dilepas bungkusnya tidak ada bedanya dengan prosesor Box.

3. Kelengkapan

Menurut pengamatan TERAA.NET perbedaan kelengkapannya tidak terlalu jauh, selain dari segi kemasan prosesor Tray juga dilengkapi kipas/ fan bawaan Intel yang pada bagian pendinginnya juga ada pasta prosesornya. Selain itu cuma pada buku manualnya dimana pada prosesor Box ada dalam paket penjualan sedangkan Tray hanya prosesor dan fan saja.

4. Harga

Seperti yang telah dijelaskan di atas, selisih harganya cukup jauh. Misalnya Intel Core i5 kalau tipe Box harganya masih di atas 2 juta sedangkan Tray 1 jutaan. Ayo jadi pembeli yang smart ya…

5. Masa Garansi

Masa garansi prosesor Tray/ tanpa Box hanya 1 tahun sedangkan untuk prosesor Box 1 tahun lebih. Cara klaim garansinya juga lebih mudah yang dijual dalam kemasan Box, mungkin inilah yang menyebabkan kenapa prosesor Tray harganya lebih murah.

Jangan terpaku pada garansi ya karena pengalaman menggunakan Intel prosesornya awet banget dan bahkan jarang rusak. Kalau komputernya ada yang rusak malah Power Supply, Harddisk, dan Mainboard yang kena duluan.

 

Perbedaan Market Penjualan Prosesor Box VS Tray

Kalau ada pertanyaan kenapa prosesor dijual dalam 2 bentuk kemasan (Box dan Tray) karena untuk memenuhi kebutuhan pasar. Prosesor T ray sebenarnya ditujukan untuk para produsen komputer/ laptop seperti ASUS, DELL, MSI, dll. Mereka menginginkan prosesor yang cukup terjangkau tanpa mengurangi spesifikasi dan kualitas sehingga produknya bisa dijual dengan harga yang pas.

Kalau produsen komputer/ laptop menggunakan prosesor Box maka keuntungannya sedikit, mau naikin harga daya jual masyarakat juga dikisaran bawah menengah. Selain itu dalam pembelian paket komputer/ laptop juga tidak disertakan Box prosesornya dan klaim garansinya langsung ke masing-masing dealer/ service center.

Prosesor dengan kemasan Box dijual untuk mereka yang gila akan spesifikasi hardware dan mempertimbangkan garansinya. Kalau ada uang lebih sebaiknya sih pilih Box daripada Tray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.