Tes CPNS

Tips Supaya Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS

Posted on

Pada tahun 2018 pemerintah kembali menyelenggarakan tes CPNS yang berlangsung mulai akhir bulan Oktober sampai awal November. Seleksi CPNS kali menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang nilainya langsung muncul di layar monitor komputer/ laptop masing-masing peserta tes. Hasil akhir yang tertera pada layar yaitu nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), meskipun tidak ada keterangan lulus peserta tes bisa menyimpulkannya sendiri apakah lolos passing grade atau tidak karena Kemenpan telah menetapkan nilai abang batas minimal jauh-jauh hari.

Nilai passing grade CPNS 2018 formasi umum adalah 75 (TWK), 80 (TIU), dan 143 (TWK) sedangkan untuk cumlaude, putra-putri terbaik, dokter, penjaga tahanan, dan lain sebagainya hanya menggunakan passing grade dari nilai TIU. Banyak peserta tes yang ambil jabatan guru tidak lulus karena nilai TKP berada dibawah passing grade.

Tes CPNS kali ini memang berbeda dengan tes sebelumnya dimana soal-soal yang keluar lebih pada pemahaman materi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-sehari. Sementara para peserta tes berlatih menggunakan eBook dan buku latihan CAT CPNS yang dijual di pasaran yang isinya lebih kehafalan materi. Kalau begini siapa yang salah? penjual buku hanya menginginkan keuntungan dari buku yang dijual sedangkan para peserta tes ingin mendapatkan nilai bagus dengan belajar dari buku tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal ini karena yang tahu soalnya seperti apa hanya team penyusun soal sedangkan buku CPNS yang dijual disusun berdasarkan pengalaman yang keluar tahun sebelumnya. Karena alasan itulah banyak yang tidak memenuhi passing grade dan kesal dengan menyatakan pemerintah terlalu sulit menyelenggarakan tes CPNS 2018.

Yang bisa lolos seleksi CPNS hanyalah mereka yang mempunyai kemampuan membaca cepat dan pandai manajemen waktu. Jumlah soal ada 100 dan harus selesai dikerjakan semuanya selama 90 menit (1 jam 30 menit), jadi rata-rata 1 soal harus selesai kurang dari 1 menit. Admin TERAA.NET juga mengikut tes CPNS sehingga bisa berbagi pengalaman kepada para pembaca.

Tips Supaya Lolos Passing Grade CPNS

1. Kemampuan Membaca Cepat

Pertanyaan soal wawasan kebangsaan cukup panjang apalagi untuk soal karakteristik pribadi yang cukup panjang beserta opsi jawabannya.  Kalau bisa usahakan untuk 1 soal sekali baca, jangan baca dua kali atau berulang-ulang maka waktu Anda akan habis dan soal lainnya pasti dijawab dengan ngawur.

Mulai sekarang bila lemah dipoin ini maka berlatihlah dengan membaca banyak buku dengan begitu akan terlatih. Usahakan membaca materi yang tidak disenangi karena untuk paham biasanya dibaca berulang-ulanag, berbeda dengan membaca yang disenangi maka cepat nyambung. Contohnya gemar dibidang komputer maka ketika membaca buku tentang perakitan komputer cepat paham namun kalau baca novel percintaan pasti lama pahamnya karena tidak disenangi.

Soal tes intelegensi umum kebanyakan berisi tentang kemampuan bahasa dan logika seperti mencari tema, topik, judul, penulisan yang sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), serapan istilah asing, analogi, silogisme dan penarikan kesimpulan. Intinya jangan remehkan membaca supaya lulus tes CPNS sistem CAT.

2. Berlatih Mengerjakan Operasi Hitung Sederhana

Namanya seleksi kompetensi dasar (SKD) maka soal yang keluar juga dasarnya saja seperti berhitung. Pelajari sifat-sifat bilangan bulat dan pecahan, kalau bisa belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara cepat. Ingat, jangan pakai kalkulator ya…

Soal matematika yang keluar tidak sulit, kebanyakan bilangan pecahan dan mencari nilai x atau y. Meskipun mudah namun kebanyakan peserta tes melewati soal ini karena waktunya habis. Ingat ya gunakan strategi manajemen waktu, bila Anda mengerjakan TWK dan TKP dahulu maka kemungkinan waktu mengerjakan TIU habis dan Anda cenderung mengerjakan bahasa duluan sedangkan hitungan belakangan.

3. Banyak Berlatih Mengerjakan TKP

Tidak ada jawaban salah pada soal karakteristik pribadi, semuanya benar namun nilainya mulai dari 1 hingga 5. Minimal Anda harus memperoleh nilai TKP 143 baru dinyatakan karakternya baik. Mengerjakan soal TKP jangan pakai perasaan pribadi, posisikan Anda sebagai pelayan publik yang bekerja di kantor. Usahakan milih jawaban jangan sesuai diri Anda, kalau jujur malah tidak lolos… tipsnya memang sedikit munafik hehe.

Kisi-Kisi Tes CPNS 2018

1. Kisi-Kisi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

  • Pancasila
  • UUD 1945
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • NKRI
  • Nasionalisme
  • Integritas
  • Bela Negara
  • Pilar Negara
  • Bahasa Indonesia.

Sumber: Permenpan No. 36 tahun 2018

2. Kisi-Kisi Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

  • Sosial Budaya
  • Kreativitas dan Inovasi
  • Profesionalisme
  • Jejaring Kerja
  • Integritas Diri
  • Semangat Berprestasi
  • Kemampuan Menggerakkan dan Mengkoordinir Orang Lain
  • Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok
  • Pelayanan Publik
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Orientasi Kepada Orang Lain
  • Kemampuan Beradaptasi
  • Kemampuan Mengendalikan Diri
  • Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas
  • Kemampuan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan
  • Orientasi Pada Pelayanan.

Download: Permenpan No. 36 tahun 2018

3. Kisi-Kisi Tes Intelegensi Umum (TIU)

Ada 5 kisi-kisi tes intelegensi umum diantaranya adalah kemampuan verbal, numerik, figural, berfikir logis, dan berfikir analitis.

Tes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal atau bahasa adalah tes psikologi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang intelegensi, pemahaman, penguasaan, dan penggunaan bahasa. Kemampuan penguasaan bahasa sangat penting dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia kerja nantinya.

Tes kemampuan verbal terdiri dari sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi (padanan makna kata), dan wacana (bacaan).

Tes Kemampuan Numerik

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hitungan masuk kategori numerik. Tes kemampuan ini berhubungan dengan perhitungan matematika. Beberapa jenis sub tes kemampuan numerik yang diujikan antara lain deret angka, aljabar, perbandingan pernyataan, dan interpretasi data.

Tes Kemampuan Figural

Merupakan salah satu tes psikologi untuk mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Tes ini mengungkap tinggi rendahnya nilai potensi akademik yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Tes kemampuan figural sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji lebih kepemahaman pola gambar dan simbol.

Tes Kemampuan Berfikir Logis

Namanya berfikir logis berarti tes ini membutukan penalaran logika sebagai kesimpulannya. Yang termasuk tes berfikir logis adalah soal silogisme yang selalu keluar pada tes CPNS. Logika adalah pola berfikir yang bersifat luas dimana penalaran dapat dikatakan sebagai proses berfikir logis.

Tes Kemampuan Berfikir Analitis

Adalah tes untuk mengukur kemampuan berfikir yang memerlukan suatu kegiatan analisa terhadap suatu penalaran. Tes ini berkaitan erat dengan berfikir sadar dan aktif dengan demikian penalaran mampu untuk menemukan kebenaran.

Penting: ingat belajar menghadapi tes CPNS harus mengacu pada kisi-kisi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.