Perbedaan Update dan Upgrade

Perbedaan Update, Upgrade, dan Downgrade

Posted on

Sekilas kata update dan upgrade itu sama padahal keduanya berbeda. Banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan update dan upgrade karena belum tahu pengertian dari kedua istilah tersebut. Bila Anda termasuk salah satu orang yang kurang begitu paham apa beda update dan upgrade berikut ini akan dijelaskan perbedaannya.

Istilah update dan upgrade sering muncul dalam dunia teknologi informasi seperti komputer dan perangkat lunak. Mungkin Anda pernah mendengar update Antivirus, update Windos, dan upgrade Windows. Selain upgrade ada istilah lain yaitu downgrade yang merupakan antonimnya.

Sebelum menuju tahap pembahasan bisakah Anda membedakan apa perbedaan update Windows dan upgrade Windows? kalau belum bisa mari pahami dulu pengertian update, upgrade, dan downgrade.

Pengertian Update

Update artinya memperbaharui, kalau berhubungan dengan antivirus yang diperbaharui adalah engine pendeteksi virus dan kalau berhubungan dengan perangkat lunak seperti Windows berarti menyempurnakan bug pada Windows. Intinya penggunakan kata update lebih ke perangkat lunak, bukan perangkat keras.

Pengertian Upgrade

Upgrade artinya meninggikan dari yang sudah ada dengan cara menggantinya. Misalnya Anda tidak puas dengan perfoma laptop yang hanya menggunakan memory RAM sebesar 4 GB dan memutuskan untuk mengganti RAM 8 GB dengan harapan perfomanya makin meningkat. Proses mengganti RAM dari 4 GB menjadi 8 GB disebut upgrade. Penggunaan kata upgrade sangat fleksibel, bisa digunakan untuk upgrade perangkat keras dan perangkat lunak seperti upgrade Windows.

Baca: Bug Hunter, Profesi Mencari Celah Keamanan Sistem

Pengertian Downgrade

Downgrade merupakan antonim dari Upgrade yang berarti menurunkan kembali dari apa yang sudah ada. Misalnya Anda mempunyai smartphone dengan sistem operasi Android Nougat kemudian diupdate menggunakan Android Oreo. Setelah terpasang Android Oreo ternyata ternyata smartphone jadi error, banyak aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga memutuskan untuk mengembalikan menggunakan Android Nougat. Proses menurunkan/ mengembalikan tadi disebut downgrade.

Perbedaan Update, Upgrade, dan Downgrade

Sebenarnya dengan memahami pengertian dari ketiga istilah tersebut, Anda bisa menyimpulkan sendiri pada perbedaannya. Namun untuk memudahkan pemahaman berikut ini adalah peta konsepnya.

Update: Memperbaharui (hanya dipakai padan perangkat lunak/ software)
Upgrade: Meninggikan (bisa digunakan untuk software dan hardware)
Downgrade: Menurunkan (bisa digunakan untuk software dan hardware).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.