DMCA Google

Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA dan Melaporkannya

Posted on

Pelanggaran hak cipta bisa terjadi dimana saja baik itu dunia nyata maupun dunia maya. Kalau di dunia nyata mungkin Anda bisa langsung lapor ke pihak kepolisian namun bagaimana untuk dunia maya seperti kejahatan artikel di internet? harus melapor kemana bila kotennya diambil orang lain tanpa seizin pemiliknya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kini ada badan hukum yang melindungi konten blog dari ulah oknum yaitu Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Nantinya bila konten Anda terindikasi dicopy paste orang lain dan dipublish pada blog pribadinya segera lapor ke DMCA supaya diblokir.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan blog ke DMCA dan memasang Badge pada sidebar atau footer. Kode Badge yang terpasang pada blog tadi sebagai mesin penelusur seandainya artikel dibajak orang lain. Hems cukup mudah bukan?

Sebelum mengenal DMCA blog milik TERAA.NET yang lain pernah dicopy paste sesama blogger dan bahkan semua isi kontennya dicloning pada blognya. Kalau jumlahnya satu sih nggak jadi soal, lha ini banyak sekali yang comot sana-sini tanpa mencantumkan sumbernya.

Baca: Sejarah 27 Oktober Sebagai Hari Blogger Nasional

Nulis artikel itu bukan perkara mudah, bila original hasil pemikiran sendiri untuk satu artikel bisa 60 menitan dan bahkan lebih tergantung dari panjang pendeknya artikel. Usaha nulis artikel terasa sia-sia kalau ada yang copy paste, terasa sakit lagi kalau blog hasil copas tersebut visitornya lebih ramai dari blog yang dicopy.

Untuk menghindari hal yang tidak-tidak segera daftarkan blog Anda ke DMCA sesuai panduan berikut ini. Tutorial ini bisa diterapkan pada blog WordPress dan Blogger.com.

Cara Daftar DMCA dan Memasangnya di Blog

1. Buka official website DMCA, kemudian buat akun dulu dengan memilih menu Sighnup
2. What would you like to do? ada 3 opsi yaitu Create a Takedwon, Get a Free Badge, dan Ask a Question. Pilih saja yang Get a Free Badge
3. Pilih salah satu Badge kemudian lanjut ke Register Your Badge. Tulis first name, last name, dan email address, jangan lupa pilih Sighnup untuk menuju tahap berikutnya
Melindungi Konten Blog ke DMCA

4. Bila ingin mengganti tampilan Badge DMCA pilih yang sesuai dengan selera Anda. Silahkan copy Embed Your Badge kemudian pasang pada sidebar atau footer blog
Melaporkan ke DMCA

5. Pemasangan Badge DMCA untuk blog WordPress adalah dengan cara menambahkan Widget Custom HTML
6. Untuk platform blogger.com kurang lebih caranya sama yaitu Tambahkan Gadget > HTML/ JavaScrip.

Cara Melaporkan Pencuri Konten Blog ke DMCA

Setelah berhasil mendaftarkan blog dan memasang Badge, lalu bagaimana cara melaporkan pencuri seandainya kontennya benar-benar dicuri. Cara melaporkannya buka halaman DMCA dan masuk pada menu Takedown, di situ ada beberapa opsi pelaporannya.

Mulailah mengumpulkan informasi tentang blog tersebut terlebih dahulu dengan mengidentifikasi penyedia layanan seperti Provider Hosting, Registrar Domain, Provider Layanan Internet, dan Pemilik Blog. Anda bisa menggunakan tool seperti WHOis dan DomainTools untuk mencari informasi tersebut. Mengambil screenshot dari konten yang dicuri juga bisa menjadi ide yang baik karena ini bisa dijadikan sebagai bukti.

Setelah berhasil mengidentifikasi provider blog, buat sebuah draft DMCA Takedown Notice, jangan lupa untuk memasukkan informasi di atas untuk memperkuat laporan Anda sebagai barang bukti. Jika ingin menulis draft sendiri, pastikan tidak lupa untuk membuat notice yang mencakup semua indikator yang ada di DMCA Takedown Notice. Berikut adalah tujuh bagian sebuah peringatan penghapusan dari DMCA:

  1. Subject
  2. Perkenalan Anda
  3. Penjelasan mengapa Anda mengirimkan peringatan penghapusan
  4. Melampirkan bukti copyright
  5. Tanda tangan dan informasi kontak Anda
  6. Jika masih kurang yakin, DMCA memberikan panduan lengkap bagaimana cara membuat draft DMCA Takedown Notice.

Setelah membuat suratnya tinggal mengirim DMCA Takedown Notice ke provider layanan internet yang meng-hosting blog yang mencuri konten. Jika setelah beberapa waktu tidak ada respon dan mereka tidak menghapus konten bisa mengirim peringatan ke registrar domain tersebut. Anda juga bisa memberitahu provider mesin pencari seperti Google dan Microsoft untuk membantu menghentikan pengunjung masuk ke blog yang mencuri konten Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.