Sejarah 27 Oktober Sebagai Hari Blogger Nasional

Posted on

Tidak terasa sekarang sudah tahun keempat Admin TERAA.NET menjadi blogger profesional namun baru menyadari kalau setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Sambutan datangnya hari jadi Blogger begitu viral di beberapa sosial media seperti Facebook dan Twitter, karena beranda dipenuhi gambar-gambar ucapan Hari Jadi Blogger Nasional membuat Admin penasaran untuk mengetahui sejarahnya.

Kurang begitu jelas apakah Hari Blogger Nasional diperingati di seluruh dunia atau hanya Indonesia saja, yang pasti momen ini mendapatkan tempat tersendiri di mata blogger. Setelah mengumpulkan referensi dari berbagai sumber ternyata yang mencanangkan Hari Blogger Nasional adalah Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika pada zaman pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sejarah Hari Jadi Blogger Nasional

Sebelum tahun 2010 jumlah blogger di Indonesia tidak terlalu banyak seperti sekarang dan rata-rata hanya orang yang menguasai IT yang bisa membuat blog. Maka dari itu sering diadakan temu bareng sesama blogger untuk tukar informasi seputar blog, puncaknya pada tanggal 27 Oktober 2007 diadakan kopdar Blogger Nasional. Acara yang berlangsung di Blitz Megaplex, Grand Indonesia dihadiri oleh Mohammad Nuh, dalam cuplikan sambutannya beliau mengatakan …“Hari Ini Saya Nyatakan Sebagai Hari Blogger Nasional”.

Meskipun diucapkan secara spontanitas ternyata para blogger yang hadir dalam tersebut mengingat betul momen bersejarah itu dan memviralkannya melalui postingan dimasing-masing blog. Kalau sekarang tahun 2018 berarti sudah 11 kali dirayakan Hari Blogger Nasional, cukup lama bukan?

Baca: Apakah YouTube Lebih Menguntungkan Daripada Blog?

Hari Blogger Nasional berupakan tonggak sejarah bangkitnya blogger di Indonesia. TERAA.NET baru mengenal blog pada tahun 2010, pada waktu itu masih acak-acakan karena dalam tahap belajar ngeblog. Baru pada tahun 2014 diterima sebagai publisher Google AdSense dan mulai serius menyajikan artikel yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Blog merupakan kependekan dari Web Blog yang memuat cerita pribadi, opini, dan pengalaman penulis. Jumlah pemilik blog terus bertambah dengan adanya Google AdSense. Banyak blogger baru bermunculan dengan harapan bisa meraup keuntungan dari blog yang dibuatnya dengan menjalin afiliasi dengan Google AdSense.

Membuat blog itu mudah, tidak perlu mahir bahasa pemrograman Anda bisa membuatnya. Platform blog yang banyak dipakai oleh blogger adalah WordPress.com, WordPress.org, dan Blogger.com. Bila Anda ingin belajar membuat blog pilihlah salah satu platform tersebut, kalau sudah mahir baru boleh pindah platform.

Baca: Momen Paling Menakutkan Bagi Publisher Google AdSense

2 thoughts on “Sejarah 27 Oktober Sebagai Hari Blogger Nasional

    1. Tolong baca susunan kabinet era SBY mas, belia menjabat selama 2 periode yaitu 2004-2009 dan 2009-2014. Periode pertama beliau sebagai Menkominfo dan periode kedua sebagai Mendiknas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.