Wine Linux

Mengenal Fungsi Wine, Wine Mono, dan Wine Gecko Pada LINUX

Posted on 22 views

Wine is not emulator atau yang disingkat Wine adalah program untuk menjalankan aplikasi Windows pada system operasi Linux. Jadi bila Anda menggunakan Linux maka bisa menjalankan program Windows seperti Notepad++, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya. Cara kerja Wine mirip emulator meskipun dari pengertiannya bukan emulator. Linux membundle system operasinya rata-rata kurang dari 2GB sehingga harus mendownload repository sendiri termasuk Wine.

Wine banyak digunakan oleh pengguna Linux pemula yang belum terbiasa dengan aplikasi Linux. Hal tersebut sangatlah wajar bila mencoba aplikasi baru yang belum pernah dijalankan sebelumnya maka butuh pembiasaan untuk sampai ketahap mahir. Sebagai alternatif para pengembang Linux menciptakan Wine untuk menjalankan program Windows dengan ekstensi .exe.

Asal-Usul Pemberian Nama Wine

Pada awalnya Wine merupakan singkatan dari emulator windows yang dibalik dan dirangkai menjadi Wine (windows emulator). Pengembang telah sepakat untuk standarisasi nama Wine dengan logo khas anggur. Wine sempat diprotes oleh Microsoft karena dianggap mencontoh system pada Windows padahal di Wine tidak menggunakan file .dll.

Aplikasi program Windows yang dijalankan di Linux menggunakan Wine tidak bisa berjalan sempurna sehingga disimpulkan bahwa menggunakan Wine sebagai alternatif dan bukan solusi. Meskipun begitu aplikasi berlogo anggur itu dapat membantu para pengguna Linux untuk menjajal aplikasi Windows.

Baca: Cara Update Manual File VDF AVIRA Antivirus (Offline)

Wine sendiri merupakan perangkat lunak bebas atau open source yang dirilis dibawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Project Wine pada awalnya merilis Wine dibawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, namun pada bulan Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.

Macam-Macam Wine Pada Linux Beserta Fungsinya

Cara paling mudah menginstall Wine adalah dengan aplikasi Software Center untuk Ubuntu dan Linux Mint. Anda juga bisa menginstall secara manual melalui terminal Linux. Ketika memasang Wine maka ada 3 paket yang harus terinstall supaya aplikasi Windows dapat berjalan lancar. Ketiga paket Wine tersebut adalah Wine, Wine Mono, dan Wine Gecko.

1. Wine
Wine adalah aplikasi dasar bukan merupakan emulator Windows, kendali program Windows dapat dijalankan melalui Wine.

2. Wine Mono
Wine Mono fungsinya untuk menjalankan program Windows yang membutuhkan .NET Framework.

3. Wine Gecko
Wine Gecko fungsinya untuk memaksimal engine browser seperti Mozilla Firefox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *