Atur Keamanan Jaringan Wifi Dengan Mac Address Filtering

Posted on 22 views

Mac Address Filtering merupakan salah satu metode untuk mengamankan jaringan Wifi dari pengguna lain yang tidak meminta izin untuk menggunakan akses internet. Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Cara Menyembunyikan SSID atau Nama Sinyal Wifi yang dipublish teraa.net beberapa hari yang lalu.

Misalnya dirumah memasang internet Wifi dan yang tahu SSID beserta passwordnya cuma Anda sendiri dan tetangga yang telah diberitahu passwordnya. Kalau tidak menggunakan mikrotik maka SSID (nama jaringan Wifi) bisa diakses oleh banyak orang sehingga menjadi lemot. Mereka tahu SSID dan passwordnya bisa dari tetangga yang telah Anda diberitahu sebelumnya.

Untuk menghindari kelebihan beban bandwidth dari banyaknya pengguna jaringan Wifi bisa dibatasi dengan Mac Address Filtering. Keunggulan metode ini adalah hampir suport dengan semua Wireless and Router yang ada di pasaran. Cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan mengizinkan Mac Address dari device tertentu untuk terhubung ke jaringan Wifi. Anda bisa menyaring Mac Address dari smartphone dan pengguna komputer/ laptop.

Cara Menggunakan Mac Address Filtering Pada Wireless and Router

1. Login dulu ke panel Wireless and Router, contoh kali ini menggunakan produknya Netis WF2411E dengan alamat http://192.168.0.1
2. Berikut ini tampilan panel netis system, kemudian pilih Wireless > Mac Filtering
Mac Address 3. Perhatikan gambar di atas, silahkan tambahkan list Mac Address yang akan disaring/ filter
4. Caranya dengan menuliskan Description dan Mac Address, kemudian Add/ tambahkan
5. Berikut ini adalah hasil list Mac Address yang telah ditambahkan dan siap untuk diaktifkan filternya
Filtering Mac Address 6. Wireless Mac Filtering
Status: pilih enable
Filtering rule: pilih Permit the listed devices to access the network, others are denied.

Artinya:
– Deny the listed devices to access the network, others are permitted (Mac Address yang telah ditambahkan tidak bisa tehubung ke jaringan Wifi Anda.
– Permit the listed devices to access the network, others are denied (Mac Address yang telah ditambahkan bisa terhubung ke jaringan Wifi Anda.

7. Simpan perubahan dengan memilih Save
8. Sekarang silahkan coba untuk menghubungkan device yang telah difilter Mac Addressnya dan yang tidak
9. Bila berhasil berarti Anda sukses mengatur keamanan jaringan Wifi dengan Mac Address Filtering.

Demikianlah informasi cara memfilter Mac Address pada Wireless and Router, untuk produk selain netis kurang lebih caranya sama dan yang berbeda hanya tampilan menunya saja. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *