Jasa Pengiriman Barang

Perbandingan POS Indonesia, JNE, J&T Express. Bagus Mana?

Posted on

Jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang paling banyak digunakan untuk jual beli online adalah PT. POS Indonesia, JNE (Jalur Nugraha Ekakurir), dan J&T Express. Admin memilih ketiga ekspedisi tersebut karena yang banyak dipakai penjual/ seller toko online Indonesia. Pembeli harus pandai memilih jasa pengiriman barang yang diharapkan mampu mengirimkan tepat waktu, tidak salah alamat, dan kondisi barang aman (tidak rusak).

Perbandingan PT. POS Indonesia dengan JNE serta J&T berdasarkan pengalaman Admin sendiri dari hasil review dari forum online dan mereka yang telah menggunakan ketiga jasa pengiriman barang tersebut. Pengalaman setiap orang menggunakan produk tertentu berbeda-beda, namun setidaknya Anda mempunyai gambaran mana yang paling baik antara POS Indonesia, JNE, dan J&T.

JNE mengambil start utama sebagai mitra bisnis toko online, untuk itu banyak seller yang menggunakan JNE daripada PT. POS Indonesia. JNE menawarkan kerjasama yang menarik sehingga seller juga mendapatkan keuntungan dari JNE. Dahulu pelayanan JNE sangat bagus, jarang mendapatkan komplain dari pelanggan.

Disaat persaingan jasa pengiriman barang makin kompetitif justru pelayanan JNE makin menurun. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh PT. POS. Indonesia dan J&T untuk merebut hati masyarakat untuk menggunakan ekspedisinya. POS Indonesia yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dapat diandalkan kualitas layanannya. Sedangkan J&T merupakan pemain baru dalam bisnis ini ternyata mampu bersaing dengan PT. POS Indonesia dan JNE. Berikut ini adalah compare kualitas layanan PT. POS. Indonesia, JNE, dan J&T.

Perbandingan Kualitas Pelayanan PT. POS Indonesia, JNE, dan J&T

PT. POS Indonesia

PT. POS Indonesia jarang sekali salah alamat, kiriman selalu sampai ke penerima. Kurir mencari alamat berdasarkan data yang tercantum pada paket kiriman dan No. Hape. Bila nama dan alamat tidak dikenali maka kiriman tersebut dititipkan di kantor desa atau ketua RT. Selama ini jarang ditemui orang komplain di kantor POS, mereka yang datang rata-rata mengirimkan barang bukan untuk pengaduan.

Paket kilat dan paket express POS Indonesia sangat dipercaya. Silahkan cek dulu di POS Indonesia, bila estimasi waktu kirim 1 hari maka barang sampai dihari yang sama. Kantor POS buka mulai hari Senin – Minggu, untuk hari Sabtu atau Minggu biasanya sampai jam 1 siang. Pada tanggal merah kantor POS tutup namun proses pengiriman barang tetap berjalan.

POS Indonesia memberikan notifikasi SMS ke penerima yang menyatakan barang telah dikirim dan diterima. Layanan SMS ini mulai ada dipenghujung tahun 2017, semoga kedepannya tidak dihilangkan. Jadi bila Anda membeli barang secara online tidak perlu lagi menanyakan nomor resinya ke seller karena telah dikirmkan melalui SMS oleh POS. Indonesia.

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

Belakangan ini JNE paling banyak mendapatkan komplain/ aduan dari pelanggannya. Customer service yang disediakan JNE juga tidak memberikan solusi bila ada salah kirim, barang hilang, atau rusak. Admin sendiri sering menjumpai orang komplain di kantor JNE dengan berbagai masalah diantaranya adalah barang tidak segera dikirimkan ke penerima.

Kurir JNE sangat malas, untuk paket CTC (City of City) dan paket Regular terkadang tidak mau mengantarkan ke penerima melainkan disuruh ambil sendiri di agen JNE. Ketika menggunakan jasa pengiriman barang ini jangan heran bila sampainya barang tidak sesuai estimasi yang ditentukan JNE. Misalnya dari Jakarta tujuan Malang, estimasinya 7 hari maka terkadang bisa 9 hingga 10 hari barang baru diterima.

Customer Service JNE di agen dan sub agen juga kurang begitu ramah terutama yang ditugaskan menangani pengambilan barang. Sepertinya para pegawai JNE perlu belajar ilmu sosial bagaimana cara melayani publik bukan emosi yang dikedepankan. Ketika ada yang mengadu barang hilang atau rusak pihak JNE tidak mau tahu malah si penerima yang disalahkan dan disuruh ngadu sama pengirim.

Pokoknya paling tidak rekomended banget, kecuali JNE memperbaiki kualitas layanannya seperti dulu lagi.

J&T Express

J&T Express merupakan pemain baru dalam bisnis jasa pengiriman barang, meski begitu telah membuktikan bahwa mampu bersaing dengan POS Indonesia dan JNE. Di Indonesia sendiri J&T lah yang mempelopori pertama kali menggunakan notifikasi SMS ketika barang dikirim dan diterima. Sayangnya akhir-akhir ini notifikasi tersebut tidak ada lagi, harapannya ketika pelanggan banyak jangan sampai nurunin kualitas layanannya seperi JNE.

J&T hampir sama baiknya dengan POS Indonesia, rata-rata mereka yang menggunakan J&T merasa puas. Jarang ada komplain karena kiriman rusak, hilang, dan salah alamat. Setidaknya hingga sampai saat ini Admin ketika menggunakan J&T belum pernah ada masalah. Yang menarik J&T menawarkan antar jemput barang, jadi ketika ingin mengirimkan barang tidak harus ke kantor J&T, cukup menghubunginya maka barang dijemput.

Baca: Cara Memilih Jaringan 4G LTE/ 3G/ 2G Pada Android Xiaomi

Layanan lain yang tak kalah menarik adalah adanya pilihan biaya pengiriman barang bisa ditanggung penerima, bukan pengirim. Syaratnya harus membuat pernyataan bahwa yang membayar adalah penerima, coba bandingkan dengan POS Indonesia dan JNE? apa berani mereka melakukan ini. Pengalaman selama menggunakan J&T kiriman selalu datang tepat waktu sesuai dengan estimasinya.

Kesimpulan!

Diantara J&T Express, Jalur Ngraha Ekakurir, dan POS Indonesia yang paling baik menurut Teraa adalah J&T, urutan kedua ditempati POS. Indonesia, dan yang ketiga adalah JNE. J&T juga melayani kiriman surat-menyurat, banyak lembaga dan perusahaan yang mempercayakan ekspedisi ini untuk mengirimkan dokumen penting ke penerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *