Add-ons Google Forms

Cara Install Add-ons Google Forms

Posted on 17 views

Secara default fitur yang tersemat pada Google Forms sudah cukup untuk membuat form, namun kalau ingin menambahkan fungsi lain seperti notifikasi email bila ada orang telah mengisi form maka wajib install Add-ons. Untuk Anda yang belum tahu cara install Adds-ons pada Google Forms silahkan simak pembahasan ini sampai habis.

Sebenarnya ini bukan hal yang baru di Google Forms, sayangnya hanya sedikit pengguna yang benar-benar memanfaatkannya untuk membuat form yang menarik. Mengapa pengguna tersebut tidak menggunakannya? mungkin karena memang tidak tahu atau tidak mau mempelajari lebih jauh tentang Google Forms.

Baca: Cara Membuat Forms di dalam forms pada Google Forms

Dalam hal ini Add-ons dikembangkan oleh Gooogle sendiri dan beberapa pengembang sehingga pilihannya banyak sekali. Cara installnya juga cukup mudah tinggal klik dan klik maka telah terinstall. Ukuran file yang kecil membuat proses installasi begitu cepat meskipun koneksi internetnya sedang.

Nantinya Add-ons yang telah terinstall akan terhubung dengan akun Gmail yang digunakan login pada Google Forms, bukan terinstall pada browser layaknya ekstensi browser. Mau gonta-ganti komputer asalkan bisa login ke Google Forms, Add-ons tetap ada dan tinggal menjalankannya. Cara kerja seperti inilah yang tidak memberatkan browser ketika digunakan sehingga tidak terjadi namanya crash.

 

Cara Menambahkan Add-ons

1. Login ke Google Forms menggunakan akun Gmail
2. Buat form baru kemudian klik 3 tanda titik di pojok kanan atas > Add-ons
3. Perhatikan daftar Add-ons yang ditampilkan secara grid di Google Suite Marketplace
4. Pilih Add-ons Google Forms sesuai yang Anda butuhkan, misalnya install Form Notifications

Contoh pilihan Add-ons

5. Biasakan melihat rating dan komentar ketika memilih Add-ons, semakin tinggi rating dan feedback positif maka Add-ons tersebut bekerja dengan baik
6. Secara otomatis setelah berhasil install Adds-ons maka langsung terintegrasi dengan Google Forms.

Demikianlah informasi cara menambahkan Add-ons pada Google Forms, setelah mencobanya langsung berdasarkan penjelasan di atas pasti menyimpulkan kalau Add-ons ini bermanfaat sekali dalam mengembangkan form sesuai kebutuhan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.