Review Airy Rooms

Pengalaman Menginap di Airy Rooms, Murah dan Nyaman

Posted on

Poin awal yang harus dijelaskan kepada para pembaca adalah bahwa artikel ini tidak disponsori langsung oleh Airy Rooms, melainkan simpulan dari pengalaman admin TERAA.NET ketika menginap di salah satu kamar Airy. Namun seandainya nanti Airy Rooms memberikan reward maka tidak menolaknya hehe.

Cerita ini bermula ketika ingin memanfaatkan liburan akhir pekan (Sabtu dan Minggu) untuk jalan-jalan ke kota Batu Malang. Karena dulunya pernah menempuh pendidikan S-1 di Malang jadi tahu seluk-beluk kota Malang termasuk mencari letak hotel yang strategis.

Rencananya pergi ke sana naik motor dan memilih penginapan yang ada di ujung barat kota Malang, sekitar daerah UM, Brawijaya, dan UIN. Kalau ke Batu sekitar 30 menitan dengan jarak tempuh 8 km hingga 10 km, tergantung kondisi jalan lagi macet atau tidak.

Hotel di Malang jumlahnya sangat banyak namun mencari yang murah dan nyaman itu benar-benar sulit, kalau ada pasti harganya mahal. Pengalaman dari tahun sebelumnya ketika berlibur ke Malang kemudian nyari hotel secara offline di kisaran harga Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 sungguh tidak nyaman. Rentang harga segitu rata-rata kamar tidurnya bau dan kamar mandinya kotor.

Memilih tempat penginapan yang bersih dan nyaman itu penting karena setelah Anda capek jalan-jalan maka istirahat juga penting. Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama untuk mencari hotel murah dan nyaman akhirnya membuka aplikasi Traveloka, dan Pegi-Pegi.

Dalam pencariannya menemukan beberapa hotel Airy Rooms, karena penasaran akhirnya menelusuri satu-persatu hotel tersebut. Admin akhirnya membandingkan harga Airy Rooms ketika dibooking dari aplikasi Traveloka dan Pegi-Pegi, ternyata tarifnya tidak sama. Untuk lebih meyakinkan lagi coba mencari aplikasi Airy Rooms di Google Play Store ternyata ada, ratingnya 4, 6 jauh lebih tinggi di atas Traveloka dan Pegi-Pegi.

Baca: Membandingkan Harga Hotel Via Traveloka, Pegi-Pegi, dan Airy Rooms

Sebelum membahas pengalaman menginap di Airy Rooms sebaiknya baca review aplikasinya. Anda bisa memulainya dengan membuka official websitenya Airy Rooms atau download di Google Play Store. Ketik lokasi dimana mau menginap kemudian Cari, tunggu beberapa detik sampai ditampilkan daftar Airy Rooms yang ada di lokasi tersebut.

Harga per Airy Rooms sangat bervariasi, meskipun selisih biasanya kurang dari Rp. 100.000. Yang menarik bila dibandingkan aplikasi sejenis lainnya yaitu ada notifikasi kedip berwarna merah seandainya kamar hampir penuh.

Menginap di Airy Rooms Sungguh Menyenangkan

Dikutip dari Wikipedia Airy Rooms adalah jaringan operator hotel yang bermitra dengan berbagai hotel budget di seluruh Indonesia. Pemilik hotel bisa mengajukan kerjasama dengan Airy Rooms untuk meningkatkan pelanggan supaya menginap di hotelnya.

Lanjut… setelah sampai Airy Syariah Lowokwaru Simpang Gajayana 12 Malang langsung menuju resepsionis untuk chek-in dengan menunjukkan bukti booking melalui aplikasi Airy Rooms. Pihak hotel akan meminta KTP/ SIM sebagai jaminan menginap dan boleh diambil ketika chek-out.

Kesan pertama setelah masuk kamar adalah sungguh diluar dugaan, sama persih dengan yang ada di foto-foto. Fasilitas cukup lengkap ada AC, TV, jaringan wifi, selimut, bantal besar, bantal kecil biru bertuliskan Airy, peralatan mandi seperti handuk, shampo dan sabun juga ada. Bila lupa tidak membawa sikat gigi juga diberikan secara cuma-cuma beserta pasta giginya.

Foto kamar mandi di Airy Rooms
Foto kamar mandi di Airy Rooms

Bila menginap 2 orang dalam 1 kamar maka diberikan handuk 2. Kamar mandinya juga bersih, ada shower yang bisa diatur mau pakai air dingin atau hangat. Tipe toliletnya duduk, bukan jongkok… biasanya orang desa seperti Admin agak kesulitan pakai yang duduk hehe. Selain itu juga disediakan wastafel dan kaca untuk bercermin di kamar mandi, oiya gantungan pakaiannya juga ada.

Sabun cair, shampo, sikat gigi dan pastanya ada di dalam dompet biru Airy Rooms
Sabun cair, shampo, sikat gigi dan pastanya ada di dalam dompet biru Airy Rooms

Pihak Airy Rooms juga memberikan air minum kemasan dan beberapa aneka jajan untuk camilan ketika menginap seperti Timtam, Wafer Tanggo, dsb… pokoknya kalau mengajak anak-anak pasti suka. Disediakan juga air panas di lorong hotel untuk membuat teh secara cuma-cuma.

Untuk Anda yang bawa mobil pribadi dan motor akan dimanjakan dengan luasnya area parkir, semua Airy Rooms ada tempat parkinya lho.

Tirai dalam kamar juga berlapis (ada 2), jadi bisa menggunakan salah satu atau kedua sekaligus untuk menjaga privasi selama menginap. Kasur dan bantalnya lumayan empuk, pokoknya dijamin tidur pulas.

Kekurangan yang didapatkan dari pengalaman menginap di Airy Rooms ini adalah tidak ada kursi, mejanya sih ada tapi kursinya tidak. Jadi bagi blogger traveler seperti TERAA.NET terkadang membutuhkannya meja dan kursi untuk mengetik, kalau Airy Rooms yang lain gimana ya? Colokan charger sih ada 2, cukup lah untuk mengisi 2 smartphone.

Lanjut…

Setelah jalan-jalan ke Jatim Park 3 dan muter-muter kota Malang akhirnya keesokan harinya pulang. Keluar dari hotel pukul 09.00, menyerahkan kunci ke resepsionis. KTP tidak langsung diberikan, katanya dichek dulu kamarnya… setelah dirasa aman baru KTP diberikan.

Saran buat Anda yang mau nginap di Airy Rooms jangan pernah bawa barang-barang hotel pulang ya… bisa dilaporin polisi nanti.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.