Aplikasi Cek Suhu Prosesor

Rekomendasi Aplikasi Cek Suhu Prosesor Terbaik

Posted on 23 views

Pengguna komputer yang menggunakan prosesor Intel maupun AMD penting sekali mengamati berapa suhu prosesornya karena kalau melebihi angka aman maka bisa overheat yang berakibat sering not responding dan restart dengan sendirinya. Anda bisa melihat berapa suhu prosesor dengan menggunakan aplikasi, berikut ini daftar aplikasi cek suhu prosesor.

Tidak semua masalah itu merugikan, adakalanya bisa menguntungkan bila ditemukan solusi permasalahannya dan dibagikan kepada orang lain yang mengalami masalah serupa. Seperti yang dialami TERAA.NET beberapa hari lalu ketika menggunakan prosesor Intel Core i5 4690K yang suhu atau temperaturnya rata-rata mencapai 60 derajat celcius.

Baca: Mengamati Kinerja Prosesor Dengan Intel Extreme Tuning Utility

Setelah dianalisis ternyata masalah muncul karena sirkulasi udara di dalam casing komputer buruk sehingga memutuskan mengganti Fan CPU Cooler dengan Fan RPM yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ketika menggunakan prosesor Intel Core i3 dengan CPU Cooler Deepcool Gammaxx 400 sudah cukup, namun ketika upgrade ke prosesor Intel Core i4 4690K putaran fannya belum mampu mendinginkan prosesor.

 

5 Aplikasi Cek Suhu Prosesor

Berikut ini ada 5 aplikasi cek suhu prosesor yang direkomendasikan karena mudah dalam penggunaan dan memiliki User Interface yang bersahabat. Kelima aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Intel XTU

Intel Extreme Utility (Intel XTU) adalah aplikasi benchmarking dan overclocking, namun bisa juga untuk melihat suhu prosesor. Intel memberikan aplikasi ini secara cuma-cuma alias gratis yang dapat di download melalui official website atau link berikut ini.

Download Intel XTU

 

2. RealTemp

Aplikasi pengukur suhu prosesor lainnya adalah RealTemp yang mampu mengukur dengan akurat. Berapapun jumlah core di dalam prosesor maka suhunya akan ditampilkan satu persatu seperti pada gambar di atas.

Ukuran aplikasinya cukup kecil bahkan bisa dijalankan secara portable tanpa install di komputer, cukup klik 2 kali maka RealTemp terbuka. Fitur lainnya adalah untuk melalukan Sensor Test dan XS Bench.

Download RealTemp

 

3. Core Temp

Core Temp memiliki tampilan yang hampir sama dengan RealTemp, bedanya suhu prosesor ditampilkan dalam tabel sehingga mudah dipahami pengguna. Selain itu juga menampilkan informasi berkaitan dengan seri prosesor yang digunakan, socket, dan daya prosesor.

Download Core Temp

 

4. CPUID HWMonitor

Produknya CPUID itu banyak sekali salah satunya adalah CPU-Z, namun bila ingin melihat temperatur prosesor bisa menggunakan HWMonitor. Aplikasi menampilkan informasi prosesor yang cukup detail seperti temperatur, power/ daya, clocks, dan perangkat lain seperti motherboard, RAM, dan lain sebagainya.

Download HWMonitor

 

5. CPU Thermometer

Di urutan terakhir ada CPU Thermometer yang wajib Anda coba untuk mengetahui berapa suhu prosesor. Aplikasi ini menampilkan informasi prosesor yang cukup lengkap bila dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Memiliki User Interface yang sederhana dan mudah dipahami pengguna.

Download: CPU Thermometer

Demikianlah informasi 5 aplikasi gratisan untuk mengukur suhu prosesor pada komputer, semoga bermanfaat dan pilih salah satu dari 5 aplikasi suhu prosesor yang menurut Anda paling baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.