5 Aplikasi Android Untuk Tes Kecepatan Internet

Posted on

Sebelumnya Teraa telah menulis artikel tentang Cara Mengukur Kecepatan dan Keakuratan Bandwidth Internet Menggunakan Browser, rasanya ada yang kurang bila tidak membahas aplikasi tes kecepatan internet untuk smartphone Android. Pertimbangan lainnya adalah karena pengguna smartphone lebih banyak daripada komputer/ laptop, terkadang 1 orang bisa memiliki 2 hingga 3 smartphone.

Tes kecepatan internet merupakan edukasi untuk mengetahui seberapa cepat internet kita. Bila Anda berlangganan melalui Internet Service Provider (ISP) penting sekali untuk mengecek apakah bandwidth yang diberikan sesuai dengan yang dibeli. Badwidth adalah nilai transfer data yang dihubungkan dari server ke client. Pengukurannya dibagi menjadi 2 macam yaitu upload dan download.

Upload digunakan untuk streaming YouTube, game online, dan upload file, sedangkan download digunakan untuk mengunduh file. Misalnya Anda berlangganan internet 5 Mb/ bulan, belum tentu yang didapatkan sesuai nilainya. Bisa saja uploadnya lebih kecil dari download karena sudah diatur atau dibagi bandwidthnya oleh provider.

Untuk menghindari kecurangan sebaiknya tes kecepatan internet Anda menggunakan aplikasi Android. Selain mudah digunakan tentunya aplikasi ini portable bisa dibawa kemana-mana bersamaan hapenya. Baiklah berikut ini 5 aplikasi terbaik untuk mengecek kecepatan internet.

5 Aplikasi Terbaik Tes Kecepatan Internet

1. FIREPROBE Speed Test

Urutan pertama ditempati FIREPROBE Speed Tes, aplikasi ini mendapatkan rating 4.9 di Google Play Store yang artinya disukai oleh para pengguna. Pengalaman pertama ketika mencoba mengukur kecepatan internet adalah luar biasa. Hasil tes menampilkan 3 informasi penting yang berkaitan dengan kecepatan internet yaitu Ping, Download, dan Upload.

Hasil pengecekan ditampilkan secara apik dengan grafik, semakin tinggi hasilnya maka grafiknnya makin naik. Selain itu FIREPROBE juga menampilkan informasi penting yang berkaitan dengan kecepatan Web Browsing, Video Streaming (LQ)/ Kualitas Rendah, Vide Streaming (HD)/ Kualitas Bagus, Call WhatsApp, dan Online Game. Hasilnya ditampilkan dengan indikator bar, warna hijau menunjukkan bagus dedangkan merah sedang.

Tampilan FIREPROBE sangat user friendly, mudah dipahami oleh pengguna baru, Tinggal mengetuk button Start maka pengecekan langsung diproses. Tunggu beberapa detik sampai hasilnya ditampilkan. Aplikasi ini free, dapat di download dan digunakan oleh siapapun tanpa batasan waktu pemakaian.

FIREPROBE Speed Test

Rating on Google Play 4.9
Download FIREPROBE Speed Test.apk

2. Meteor Free Internet Speed & App Perfomance Test

Bila dibaca dari namanya sekilas mengingatkan kita dengan Meteor yang ada diluar angkasa. Meteor yang jatuh ke bumi memiliki kecepatan 54.000/ jam, sesuai namanya aplikasi ini juga digunakan untuk mengukur kecepatan internet. Hems apakah hasilnya seperti kecepatan meteor? mari ukur menggunakan Meteor Free Internet Speed & App Perfomance Test.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat kecepatan internet Wifi, LAN, dan paket data selular. Meskipun hasilnya tidak sedetail FIREPROBE Speed Test, namun 3 poin utama seperti kecepatan download, upload, ping ditampilkan di sini.

Rating on Google Play 4.8
Download Meteor.apk

3. SPEEDCHECK Speed Test

SPEEDCHEK Speed Test adalah aplikasi mobile untuk mengukur speed download dan upload suatu jaringan. apapun providernya bisa di tes menggunakan SPEEDCHECK. Tampilan aplikasinya tidak neko-neko, sangat sederhana sekali dengan menampilkan grafik pengukuran. Setelah membuka aplikasi maka ditampilkan button Test, tinggal ketuk maka proses scanning transfer data segera ditampilkan.

SPEEDCHECK Speed Test

Rating on Google Play 4.8
Download SPPEDCHECK Speed Test.apk

4. nPerf

Aplikasi selanjutnya ada nPerf, aplikasi ini cukup dapat diandalkan untuk tes kecepatan internet. Hasil tes menamapilkan 5 informasi penting yaitu download, upload, latency, browsing, dan streaming. Tampilannya sangat elegan namun mudah dipahami oleh para pengguna sehingga mendapatkan rating 4.7 di Google Play. nPerf mampu mengukur  kegunaan internet lebih banyak digunakan browsing atau streaming dengan indikator persen (%).

Latency sama dengan ping, semakin kecil nilainya semakin bagus yang menandakan akses internetnya stabil. Begitu juga sebaliknya bila Latency besar pada tidak stabil. Daripada penasaran silahkan download dan install pada smartphone Android Anda untuk tes kecepatan internet.

Rating on Google Play 4.7
Download nPerf.apk

5. Speedtest

Selain tersedia untuk versi browser, Speedtest bisa digunakan pada platform Android. Indikator tes ditampilkan menggunakan speedo meter yang apik disertai penjelasan ping, download, dan upload. Anda dapat melihat hasil tes dan membandingkannya setiap pengetesan dengan menu Result. Speedtest mampu menampilkan lokasi server untuk masing-masing provider.

Rating on Google Play 4.4
Download Speedtest.apk

Demikianlah informasi 5 aplikasi Android terbaik untuk tes kecepatan internet. Yang perlu diperhatikan adalah hasil dari pengukuran tidak selalu sama, antara jam sibuk dan jam bebas hasilnya pasti berbeda. Dengan aplikasi ini setidaknya Anda dapat mengetahui seberapa cepat koneksi internet Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.