Cara Mengukur Kecepatan dan Keakuratan Bandwidth Internet

Posted on

Kebutuhan manusia akan internet semakin tinggi, tidak puas menggunakan paket data dari operator selular membuat mereka berlangganan pada provider. Bisa menggunakan IndiHome, Biznet, dan ataupun jasa RT/ RW Net. Pastikan Anda mendapatkan badwidth sesuai dengan yang dibeli. Misalnya langganan internet bulanan 2 Mb seharga Rp. 150.000, namun apakah yakin benar-benar mendapatkan 2 Mb?

Bagi yang kurang paham dengan internet mungkin tidak terlalu memperhatikan faktor ini, yang penting bisa terhubung sudah cukup. Masalahnya ada beberapa oknum nakal yang memotong hak pelanggan dengan mengurangi bandwidth internet. Untuk itu mengetahui cara cek kecepatan dan keakuratan bandwidth sangatlah penting. Bila hasilnya tidak sesuai haknya maka segera komplain ke provider.

Bandwidth adalah satuan pengukuran kecepatan internet baik itu download maupun uploadnya. Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu.

Cara Cek Kecepatan dan Keakuratan Bandwidth Internet

Ada 3 web aplikasi yang direkomendasikan untuk cek kecepatan akses internet yaitu Speedtest, Fast, dan Netperf. Anda bisa mencoba salah satu atau ketiga-tiganya untuk membandingkan aplikasi mana yang paling akuran dalam pengujian.

1. Cek Kecepatan Internet Dengan Speedtest

Speedtest merupakan pelopor aplikasi untuk tes kecepatan Internet. Anda dapat mencobanya secara gratis dengan membuka website Speedtest. Ada 3 indikator yang bisa dilihat yaitu Ping, Download, dan Upload.

Selain itu juga bisa melihat IP Server dan lokasinya, bila hasil tes secara berulang-ulang menunjukkan lokasi IP dan lokasi yang berbeda-beda maka dapat dipastikan bandwidthnya up to. Kalau tetap berarti dedicated, misalnya Anda berlangganan internet 2 Mb, maka hasil pengujian dowload dan uploadnya tetap 2 Mb.

Harga yang ditawarkan dedicated bisa 2x lipat dari up to, namun soal kecepatan terjamin. Kalau up to itu hanya batas maksimalnya saja, semakin banyak client terhubung ke server yang sama maka jadi rebutan dan lemot. Misalnya Anda berlanggaran internet 2 Mb/ bulan maka maksimal bandwidth yang didapat 2 Mb, terkadang di bawahnya.

Speedtest.net

Yang menarik dari Speedtest adalah adanya menu result history yang memungkinkan mengamati perbedaan hasil dari setiap pengujian. Syarat untuk menjalankan aplikasi Speedtest cukup mudah yang terpenting harus terhubung dengan internet yang akan di tes. Anda bisa membukanya melalui browser komputer, kalau dari smartphone bisa mendownload aplikasinya di sini.

2. Lihat Kecepatan Internet Dengan Fast

Bila dibandingkan Speedtest dan Netperf mungkin Fast adalah aplikasi yang paling mudah dijalankan. Untuk melihat kecepatan internet cukup mengetik fast.com pada browser maka tunggu beberapa detik sampai hasilnya ditampilkan.

fast.com

Nilai yang ditampilkan merupakan rata dari download dan upload yang dijadikan satu. Bila hasil pengujian tidak sesuai dengan langganan bulanan Anda silahkan menanyakan pada provider apakah bandwidth yang diberikan tidak sesuai dengan yang seharusnya didapatkan.

3. Ukur Kecepatan Internet Dengan Netperf

Netperf merupakan singkatan dari Network Performance Measurement Tools, hampir sama dengan Speedtest Anda bisa mengukur kecepatan download dan upload menggunakan Netperf.

Untuk mengujinya silahkan buka Netperf pada browser komputer, kemudian pilih menu Thoughput Test > Start Test. Tunggu beberapa detik sampai hasilnya ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.

netperf.tools

Selain mengukur Throughput, bisa juga untuk tes Microphone Webcam, dan IP Address Lockup. Latecy pada Netperf sama dengan ping (ms), semakin kecil nilainya maka semakin cepat akses intertnetnya.

Baca: Tips Mengoptimalkan Penggunaan IDM Untuk Download File


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.