4 Aplikasi Screen Capture Terbaik Untuk Foto Layar Komputer

Posted on

Aplikasi screen capture atau screenshot adalah alat bantu untuk mengambil gambar dari dekstop/ layar komputer. Karena aplikasi ini berjalan di komputer maka bisa disebut juga sebagai perangkat lunak (software) screen capture. Setidaknya ada 4 aplikasi yang dapat Anda jadikan pilihan untuk screen capture yaitu FastStone Capture, Lightshot, Ashampoo Snap, dan Techsmith Snagit.

Sebenarnya Windows telah menyediakan aplikasi sederhana untuk screen capture yaitu dengan menekan tombol Print Screen atau Alt + Print Screen kemudian dipaste ke editor gambar. Karena dinilai terlalu ribet orang memilih aplikasi lain untuk membantu mengambil gambar dari layar komputer.

Baca: Aplikasi Screen Shot atau Screen Capture Terbaik Untuk Linux

Aplikasi screen capture sering digunakan oleh blogger atau pekerjaan tertentu yang mengharuskan ambil gambar dari layar yang sedang berjalan. Biasanya sih digunakan untuk membuat tutorial atau panduan tertentu sehingga membutuhkan aplikasi untuk mempercepat pekerjaannya. Berikut ini adalah penjelasan dari 4 aplikasi screen capture tersebut.

4 Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Mengambil Gambar Dari Layar Komputer

 

1. FastStone Capture

Download FastStone Capture Free (gratis)

FastStone Capture merupakan aplikasi terbaik untuk mengcapture/ screenshot gambar pada layar komputer. Admin TERAA.NET menempatkan aplikasi ini di urutan pertama sebagai screen capture terbaik yang pernah ada saat ini. FasStone Capture dapat diandalkan untuk menunjang kinerja Anda yang membutuhkan capture dari komputer.

FastStone sendiri adalah perusahaan pembuat aplikasi yang cukup terkenal dari dulu hingga sekarang. Awalnya membuat aplikasi penampil gambar dan sekarang screen capture.

Fitur Unggulan FastStone Capture

  • Panel Capture kecil yang mudah digunakan
  • Adanya tombol cepat untuk mengaktifkan pengambilan layar secara instan
  • Bisa capture objek, menu, layar penuh, persegi panjang, bebas
  • Dapat mengambil beberapa jendela dan objek termasuk menu multi-level
  • Dapat merekam aktivitas layar termasuk perubahan pada layar, ucapan dari mikrofon, gerakan mouse dan klik ke file video
  • Pilihan untuk menentukan tujuan output (editor internal, clipboard, file, printer)
  • Menggambar objek anotasi seperti teks, garis panah, sorotan, tanda air, segi empat, dan lingkaran
  • Simpan dalam format BMP, GIF, JPEG, PCX, PNG, TGA, TIFF dan PDF
  • Konversikan gambar ke file PDF multi-halaman
  • Bisa menggabungkan gambar berdampingan untuk menghasilkan satu file gambar
  • Kirim gambar yang diambil melalui email
  • Kirim gambar yang diambil ke dokumen Word dan PowerPoint
    dll.

Download FastStone Capture

2. Lightshot

Download Lightshot Free (gratis)

Lightshot adalah screen capture gratisan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengambil gambar dari dekstop komputer. Bila Anda termasuk salah satu blogger yang membutuhkan aplikasi screen capture untuk membuat tutorial, Lightshot adalah jawabannya.

Ukuran file .exe Lightshot cukup kecil yaitu hanya 2.60 MB, jadi nggak bakalan makan space harddisk komputer. Ayo silahkan install Lightshot kemudian jalankan dengan perintah tombol Print Screen maka layar komputer berhasil di capture.

Fitur Unggulan Lightshot

  • Bisa menyeleksi area yang akan di screenshot dengan cepat
  • Sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun
  • Hasil screenshot bisa langsung dibagikan ke internet
  • Ada aplikasi editor yang cukup powerfull
  • Smillar Image Search
  • Tersedia untuk platform Windows, Linux, Mac OS, Chrome, Firefox, IE, dan Opera.

Download Lightshot

3. Ashampoo Snap

Download Ashampoo Snap Free (gratis)

Ashampoo Snap adalah aplikasi yang cukup populer dan paling banyak digunakan orang untuk mengambil gambar dari layar komputer. Fitur yang disematkan pada Ashampoo Snap cukup lengkap, menu editor ditampilkan tanpa menutupi layar sehingga mudah digunakan.

Dengan menekan tombol Print Screen maka gambar langsung ditangkap dan editor terbuka. Menunya ada di atas, samping kiri, dan samping kanan area yang telah di capture. Menariknya lagi Ashampoo Snap mampu mengambil gambar pada jendela aplikasi yang sedang berjalan/ terbuka, fitur ini mirip yang ada pada FastStone Capture.

Ashampoo Snap juga menyediakan editor yang powerfull untuk memberi keterangan, angka, tanda tertentu, dll. Versi terbarunya telah menginjak yang ke 10 (Ashamppo Snap 10). Aplikasi ini dapat dijadikan pilihan utama sebagai screen capture di komputer Anda.

Download Ahsampoo Snap

4. Techsmith Snagit

Download Techsmith Snagit Free (gratis)

Mungkin Anda pernah mencoba aplikasi screen capture, namun tidak mudah menemukan aplikasi yang dapat menangkap gambar drop-down dan fitur lainnya yang cenderung menghilang ketika anda menekan tombol screen. Adanya fitur penghitung waktu mundur Snagit sangat berguna untuk membantu menangkap gambar dari layar komputer.

Fitur yang disematkan Snagit diantaranya adalah memungkinkan menerapkan efek khusus pada gambar (seperti grayscale, text, arrows, dan border) tanpa serumit menggunakan Adobe Illustrator. Fitur perekam videonya memungkinkan anda menyertakan lagu dari mikrofon maupun audio Windows, dari rekaman MP3 pada disk atau video YouTube.

Download Techsmith Snagit


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.