Aplikasi Screen Shot atau Screen Capture Terbaik Untuk Linux

Posted on

Linux memanjakan para pengguna sistem operasinya lengkap dengan aplikasi pendukung sekali install. Semuanya telah dibundle jadi satu dalam master Linux, beda dengan Windows yang harus install driver, office, corel, dsb. Aplikasi standar untuk menunjang kinerja telah include bersamaan sistem operasi Linux, salah satunya adalah Screen Shot.

Untuk menggunakan Screen Shot cukup dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard maka gambar yang ada pada layar komputer berhasil ditangkap. Screen Shot pada Linux mempunyai 3 metode pengambilan gambar seperti aplikasi sejenis lainnya yaitu mampu mengambil gambar ukuran penuh, gambar hanya pada jendela yang terbuka, dan memilih area sendiri.

Rata-rata pengguna Linux puas dengan Print Screen bawaan ini, namun kalau ingin mengedit harus menggunakan GIMP atau InkScape karena tidak include editornya. Dengan alasan edit inilah akhirnya ingin menggunakan Screen Shot selain bawaan Linux.

Baca: 4 Aplikasi Screen Capture Terbaik Untuk Foto Layar Komputer Windows

Bagi yang sudah lama pakai Linux pasti telah mengetahui aplikasi apa saja yang dapat diandalkan untuk mengcapture gambar pada layar. Namun bila Anda baru beralih ke Linux pasti kebingungan mencarinya karena dukungan aplikasi Screen Shot tidak sebanyak pada Windows. Baiklah berikut ini daftar Aplikasi Screen Shot terbaik untuk Linux.

Aplikasi Screen Shot Terbaik Untuk Linux

1. Kazam

Kazam adalah aplikasi Screen Shot terbaik di Linux, aplikasi ini mempunyai 2 fungsi yaitu untuk mengambil gambar dan merekam video pada layar komputer. Gambar yang di screen bisa ditambahkan border, bila ingin menampilkan cursor tinggal memberi centang pada opsi Mouse Cursor.

Screen Capture terbaik untuk Linux

Kazam Screenshot mempunyai 3 metode pengambilan gambar yaitu Fullscreen, Windows, dan Area. Adanya fitur timer memudahkan Anda mengatur dalam berapa detik gambar dapat di screen.

Aplikasi Screen Recorder terbaik untuk Linux

Cara Install Kazam Screenshot di Ubuntu dan Linux Mint

Cara installnya bisa melalui Software Center atau terminal Linux, silahkan pilih salah satu dari kedua pilihan tersebut yang dianggap paling mudah.

Berikut ini cara install Kazam melalui terminal Linux, hubungkan komputer dengan internet kemudian ketik perintah berikut ini

sudo apt-get update
sudo apt-get install kazam

Tunggu proses installasi hingga selesai dan siap menjalankan Kazam. Ingin tahu lebih silahkan buka Kazam Screencaseter.

2. Shutter

Selanjutnya ada Shutter, aplikasi ini dapat Anda jadikan alternatif Screen Shot selain Kazam. Sama seperti Kazam, Shutter juga mempunyai 3 metode pengambilan gambar yang dapat membantu Anda menentukan objek apa saja yang akan di screen. Informasi selengkapnya mengenai Shutter silahkan baca di sini shutter-project.

Screenshot terbaik untuk Linux

Cara Install Shutter di Ubuntu dan Linux Mint

Silahkan buka terminal Linux, supaya lebih cepat gunakan perintah Ctrl + Alt + T, kemudian ketik perintah berikut ini

sudo add-apt-repository ppa:shutter/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install shutter

Tunggu prosesnya hingga selesai sampai Kazam siap digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.