Deluge Aplikasi Download File Torrent Terbaik Untuk Linux

Posted on

Deluge adalah BitTorrent Client untuk mendownload file torrent di Linux. BIla Anda pusing mencari aplikasi download torrent untuk Linux maka Deluge adalah jawabannya. Pada awalnya Delug dikembangkan untuk platform berlogo pinguin saja, namun sekarang telah tersedia untuk Windows dan Mac Os.

Sebenarnya banyak BitTorrent Client yang tersedia di Linux, namun dari segi kemampuan dan kemudahan cara penggunaannya lebih direkomendasikan menggunakan Deluge. Aplikasi ini mempunyai tampilan mirip BitTorrent pada Windows sehingga mudah digunakan.

Torrent merupakan media alternatif upload dan download file berukuran besar. Untuk membagikan file besar para uploader lebih suka menggunakan torrent begitupun downloadnya. Ketika menggunakan torrent, Anda tidak akan menjumpai lagi kasus gagal download seperti download biasa.

Cara kerja torrent menggunakan protokol peer-to-peer yang memperbolehkan user untuk terhubung secara langsung dengan user lain untuk mengirim atau menerima bagian dari sebuah file atau distribusi data, melalui sebuah server sentral yang dinamakan “tracker”. Tracker ini tidak memiliki atau mengandung informasi tentang sebuah file. Tracker hanya mengatur dan mengkoordinasikan sebuah koneksi diantara setiap peer.

Baca: Cara Download File Ukuran Besar Dengan Torrent

Cara mudah memahaminya begini, bila Anda download torrent dan file tersebut banyak yang mendownloadnya maka prosesnya semakin cepat. Bila download file biasa (tanpa torrent) semakin banyak yang download malah jadi lemot dan akhirnya disconnect, itulah merupakan keunggulan torrent.

Cara download file torrent di Linux sebenarnya melalui 2 tahap yaitu yang pertama mencari file berekstensi .torrent dan kedua menginstall torrent client, setelah download melalui Deluge maka file aslinya akan Anda dapatkan.

Fitur yang disematkan pada Deluge Linux sama dengan kebanyakan aplikasi download yaitu bisa pause maupun resume. Fitur standar ini mampu melanjutkan download ketika komputer dimatikan dan dihidupkan kembali.

Deluge BitTorrent Client Terbaik Untuk Linux

1. Download dan install aplikasinya di linux dengan cara membuka Software Manager atau mengunjungi official websitenya Deluge BitTorrent Client
2. Ketik keyword “deluge”, setelah muncul aplikasinya silahkan install
3. Tunggu proses download dan install Deluge hingga selesai
4. Jalankan Deluge kemudian klik tanda + untuk menambahkan file torrent
5. Cari file dengan ekstensi .torrent yang telah Anda download sebelumnya misalnya linuxmint-19-mate-64bit.iso.torrent > OpenAplikasi BitTorrent Client Terbaik di Linux

7. Tunggu proses download hingga selesai.
Cara download file torrent di Linux


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.