Cara Membuat Boot Efi Pada Linux

Posted on 27 views

Laptop zaman sekarang telah menggunakan boot Efi/ UEFI yang diklaim memiliki beberapa keunggulan daripada BIOS seperti booting sistem operasi lebih cepat, mampu menampung hard drive berukuran besar, sistem keamanan yang cukup, dan menghemat baterai CMOS. Bagi yang belum begitu paham fungsi boot Efi ternyata menimbulkan permasalahan tersendiri ketika install dual boot Windows dan Linux dimana salah satu sistem operasi tidak bisa booting, untuk mengatasinya harus paham “Cara Membuat Boot Efi Pada Linux.”

Partisi yang dibutuhkan untuk install Linux rata-rata ada 2 yaitu Ext4 untuk menaruh sistem operasinya dan partisi SWAP untuk menambahkan memory virtual. Khusus untuk laptop yang menggunakan UEFI ketika ingin install 2 sistem operasi Windows dan Linux wajib menambahkan 1 partisi lagi untuk membuat boot Efi.

Tanpa menambahkan boot Efi maka sistem operasi Linux tidak bisa booting meskipun Anda telah berhasil menginstallnya, yang ada cuma Windows. Boot Efi ini nantinya dibuat menggunakan partisi Fat32 dengan ukuran yang tidak terlalu besar, 500 MB saja sudah cukup.

 

Fungsi Boot Efi Pada Dual Boot Windows dan Linux

Secara default bila hanya menggunakan partisi Ext4 dan SWAP sistem Linux sulit mengenali ruang kosong pada harddisk yang akan digunakan untuk menaruh file boot, sebagai gantinya harus membuatkan ruang tersendiri. Ruang tersebut namanya Boot Efi, yang dibuat pada saat installasi Linux.

 

Cara Menambahkan Boot Efi Pada Linux

Sebelum menuju pada langkah cara membuat boot Efi, sebaiknya simak gambar berikut ini. Seperti yang Anda lihat di sini untuk install Linux ada 3 partisi yaitu LinuxSwap, Fat32, dan Ext4.

 

Langkah-langkah membuat boot Efi: Silahkan buat dulu partisi SWAP, ukurannya 2 kali memory laptop. Selanjutnya tambahkan boot Efi dengan membuat partisi Fat32, mount pointnya dipilih /boot/efi. Terakhir tinggal memanfaatkan ruang kosong untuk partisi Ext4.

Install sistem operasi Linux seperti biasa hingga selesai, restart laptop dan lihat hasilnya. Anda akan menemukan opsi untuk memilih sistem operasi Windows atau Linux.

Baca: Cara Install Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.