Memperbesar Resolusi Layar Ubuntu di VirtualBox

Memperbesar Resolusi Layar Ubuntu di VirtualBox

Posted on 27 views

Mereka yang mencoba Ubuntu di VirtualBox pada mengeluhkan masalah resolusi layar yang tidak bisa tampil full memenuhi monitor, bila Anda termasuk salah satu yang mengalaminya berikut ini adalah “Cara Memperbesar Resolusi Layar Ubuntu di VirtualBox.”

VirtualBox adalah sebuah emulator untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi atau OS di dalam OS. Misalnya ingin menjalankan Ubuntu di Windows atau sebaliknya.

Baca: Cara Menjalankan OS di Dalam OS Dengan VirtualBox

Aplikasi buatan Oracle ini kerap dipakai untuk menguji suatu sistem operasi baru sebelum benar-benar menginstallnya di dalam komputer. Setelah puas dengan sistem operasi yang dicoba melalui VirtualBox kemudian keputusan tergantung dari pengguna ingin menggunakannya sebagai daily driver atau sekedar mencoba.

Baca: Pengertian Daily Driver Secara Lengkap Beserta Contohnya

Bagi TERAA.NET keberadaan VirtualBox ini sangat penting sekali karena suka mempelajari hal baru dari sistem operasi sehingga menjadikannya aplikasi wajib yang harus di install setelah program Office, Multimedia, dan Video Editing.

Tampilan Ubuntu yang tampil pada VirtualBox kecil sekali karena menggunakan resolusi layar 800 x 600 pixel sehingga untuk menjadikannya full harus merubah resolusi di pengaturan/ settings.

Anda dapat menyesuaikan resolusi layar sesuai yang digunakan saat ini dengan mengeceknya melalui Display Resolution Windows. Nantinya tercantum berapa resolusinya, misalnya 1280 x 768 pixel.

Semakin besar resolusi maka kerapatan warnanya dapat sehingga gambar kelihatan lebih tajam. Resolusi ini dipengaruhi oleh layar monitor dan kartu grafis yang terpasang pada komputer.

 

Cara Memperbesar Resolusi Layar Linux di VirtualBox

1. Ketik “Setting” tanpa tanda kutip dipencarian Ubuntu
2. Kemudian perhatikan deretan menu di sidebar sebelah kiri > pilih Displays
3. Defaultnya, Ubuntu di VirtualBox menggunakan resolusi layar 800 x 600 dengan rasion 4:3

4. Untuk merubahnya pilih resolusi layar yang lebih tinggi, misalnya 1280 x 20 (16:10)

5. Simpan perubahan dengan klik “Apply”
6. Sekarang tampilan Ubuntu di VirtualBox yang berjalan pada sistem operasi Windows kelihatan lebih besar bahkan menutupi layar monitor Anda.

Demikianlah informasi cara memperbesar resolusi layar Ubuntu di VirtualBox, setelah Anda berhasil mencobanya tutorial ini juga bisa diterapkan pada sistem operasi lain seperti Linux Mint dan MX Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.