Cara Download Video YouTube Kualitas HD Dengan XDM Linux

Posted on

Sebenarnya video yang diupload ke YouTube kualitasnya sudah High Definition (HD), content creator rata-rata membuat video minimal 720p hingga 1080p. Semakin terjangkaunya harga kamera Mirroless maka video yang diambil rata-rata sudah HD bahkan sudah 4K.

Kalau melihat kualitasnya di atas 720p seharusnya video yang diputar di YouTube gambarnya jernih, tidak buram maupun blawur. Begitu juga kalau video tersebut di download maka opsi quality hanya 240p dan 360p saja, aneh bukan?

Mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri kenapa video YouTube yang dapat di downlad jelek sekali kualitasnya. Lalu bagaimana cara mendapatkan video yang kualitasnya bagus? untuk menjawab permasalahan tersebut silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum menuju tahap pembahasan sebaiknya dipahami dulu kenapa pilihan kualitas video YouTube yang diputar dan download tidak sama dengan yang diupload. Ternyata begini, YouTube sengaja membagi kualitas video dari yang terkecil 240p, 360p, 480p, 720p, dan tertinggi 1080p supaya orang lain yang menggunakan koneksi internet sedang atau pas-pasan bisa menikmati videonya.

Baca: Cara Mudah Download Video YouTube di Linux

Sebenarnya kualitas video tersebut diatur sedemikian rupa menyesuaikan speed internet, bila kecepatan rendah maka cuma bisa mutar dan download di bawah 720p begitu juga sebaliknya. Bila memaksakan 1080p maka YouTube nggak jalan, cuma loading saja.

Kembali pada topiknya yaitu download video YouTube kualitas HD maka Anda bisa bisa memilih opsi 720p/ 1080p di pengaturan YouTube. Aplikasi download yang digunakan adalah Xtreme Download Manager (XDM), untuk pengguna IDM kurang lebih caranya sama.

Cara Download Video YouTube Kualitas HD 720p/ 1080p

1. Download dulu aplikasi Xtreme Download Manager (XDM)
2. Kemudian Install XDM ke komputer Linux/ Windows
3. Setelah berhasil mengintegrasikan browser dengan XDM saatnya download video kualitas HD di YouTube
4. Contohnya ingin download video SNSD Girls’ Generation, untuk mendapatkan kualitas HD silahkan pilih Pengaturan (tanda bergerigi) > Quality
Download video YouTube dengan XDM

5. Ubah dari Auto ke 720p/ 1080p, tunggu beberapa saat sampai opsi pilihan kualitas video HD muncul
Cara download video YouTube HD

6. Setelah memilih kualitas video lanjutkan dengan download video
Download video HD di YouTube

7. Tunggu proses download hingga selesai.

Kesimpulan!
Untuk mendapatkan kualitas video HD harus mengubah opsi Auto ke pilihan kualitas video. Cara ini berlaku untuk memutar video HD dan download video HD.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.