Cara Mudah Download Video YouTube di Linux

Posted on

Bagi pemula yang baru beralih dari Windows ke Linux, download video YouTube di Linux itu bukan perkara gampang soalnya mereka belum menemukan aplikasi download terbaik seperti IDM pada Windows. Ternyata ada aplikasi download yang mampu menjawab permasalahan tersebut yaitu Xtreme Download Manager.

Karena semua aplikasi di Linux Open Source maka Xtreme (XDM) Download Manager dapat Anda download secara gratis tanpa harus membelinya. Aplikasi ini dapat Anda andalkan untuk dowload video YouTube maupun file lainnya yang tersedia di internet. Soal kemampuan tidak diragukan lagi, admin TERAA.NET selalu mengandalkannya untuk urusan download. Tersedia fitur resume dan pause sangat membantu dalam hal urusan download.

Berdasarkan hasil pengukuran peringkat website melalui Alexa.com, YouTube menempati urutan kedua setelah Google.com. Situs berbagi video ini berhasil menggeser dominasi Facebook di urutan kedua setelah bertahan selama bertahun-tahun.

Baca: Cara Download Video YouTube Kualitas HD Dengan XDM Linux

Belakangan ini YouTube telah menjelma sebagai pusat hiburan yang mampu mengalahkan tayangan TV. Content Creator juga tumbuh pesat dengan menyajikan video yang menarik dan mampu menjawab kebutuhan orang ketika mencari video di YouTube.

Aplikasi Download Terbaik Untuk Linux
Screenshot Xtreme Download Manager (XDM)

Xtreme Download Manager mempunyai user interface sederhana yang mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Selain tersedia untuk Linux ternyata ada juga yang dikembangkan untuk platform Windows. Daripada menggunakan aplikasi berbayar sebaiknya beralihlah menggunakan XDM dengan kemampuan download 100x lipat dari downloader bawaan browser.

Baiklah berikut ini cara download video YouTube di Linux, pada contoh ini menggunakan Linux Mint/ Ubuntu yang akan diinstall Xtreme Download Manager. Untuk distro lainnya kurang lebih caranya hampir sama.

Download Video YouTube Menggunakan Xtreme Download Manager

1. Download Xtreme Download Manager
2. Setelah selesai download maka mendapatkan file xdm-2018-x64.tar.xz
3. Klik kanan file tersebut kemudian pilih Extract Here
4. Buka folder hasil Extract tadi dan klik kanan disembarang tempat kemudian pilih Open Terminal. Anda juga bisa menggunakan perintah Ctrl+Alt+T untuk masuk terminal Linux
5. Ketik perintah berikut ini

su

Ketik password super user Anda, kemudian ketik lagi perintah

sudo sh ./install.sh

6. Tunggu proses installasi sampai selesai, silahkan cari aplikasi Xtreme Download Manager di daftar menu Linux kemudian jalankan
7. Saat pertama kali menjalankan Xtreme Downlad Manager muncul pop up Browser Monitoring, silahkan pilih browser apa yang Anda gunakan
8. Nanti muncul link untuk menambahkan Add-on Xtreme Download Manager untuk browser
9. Setelah berhasil mengintegrasikan Xtreme Download Manager dengan browser langkah selanjutnya coba download video YouTube
10. Silahkan cari vodeo apa saja yang akan di download maka disamping kanan bawah muncul menu Download Video
Download video Youtube di Linux Ubuntu dan Linux Mint

11. PIlih kualitas video yang paling tinggi kemudian download
12. Tunggu proses download sampai selesai, mudah bukan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.