MIT App Inventor

Pengenalan MIT App Inventor Untuk Pemula

Posted on 219 views

Siapa bilang membuat aplikasi Android itu susah? bila Anda tidak mempunyai dasar bahasa pemrograman Java bisa menggunakan MIT App Inventor untuk membuat aplikasi. Manfaatkan platform ini untuk menguasai logika pemrograman dengan sistem puzzle kemudian baru beralih ke Java.

Android Studio memang perangkat pengembangan yang luar biasa namun jika Anda belum biasa menulis program Java mungkin software ini kurang cocok untuk pemula. Apalagi kalau Anda memang belum pernah membuat program semacam C atau C++. Banyak sintaks dalam bahasa Java yang perlu dipahami terlebih dahulu agar aplikasi yang dibuat dapat terwujud.

Perlu untuk diketahui salah satu yang menjadi hambatan bagi mereka yang ingin belajar pemograman adalah melewati tahap kesalahan sintaks. Menggunakan App Inventor akan membuat kesalahan sintaks tidak akan terjadi. Mengapa? karena Anda tidak perlu mengetik perintah  dalam bentuk teks sehingga kesalahan menulis perintah hampir tidak ada.

Hal ini disebabkan semua perintah dikemas dalam bentuk blok yang berupa kepingan-kepingan dalam puzzle. Memberi perintah aplikasi dengan menyusun puzzle yang ada hingga menjadi aplikasi yang siap pakai. Diciptakannya App Inventor untuk melatih logika pemrograman layaknya menggunakan rumus Excel.

Menjalankan perintah seperti menyusun puzzle

Pengertian App Inventor

App Inventor adalah platform untuk membuat aplikasi Android tanpa bahasa pemrograman yang pada mulanya dikembangkan oleh Google, namun sekarang telah dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology atau MIT.

App Inventor adalah aplikasi berbasis web, untuk menggunakannya Anda tidak perlu membayar sama sekali alias gratis. Silahkan bukan URL berikut ini untuk mencobanya http://appinventor.mit.edu. Pertama kali menjalankan App Inventor harus login dengan aku Google (Gmail) baru bisa memulai project baru.

 

Apakah App Inventor Lebih Unggul Daripada Yang Lain?

Setiap platform pengembangan aplikasi Android memiliki keunggulan tersendiri seperti Android Studio yang memungkinkan pembuatan aplikasi secara offline. Artinya Anda tidak memerlukan koneksi internet ketika membangun aplikasi, beda halnya dengan App Inventor yang harus terhubung dengan internet.

 

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalankan App Inventor

Sebelum memulai membuat aplikasi download dan install dulu emulator bawaan App Inventor di sini Emulator in AI2. Tanpa emulator Anda tidak bisa mencoba aplikasi yang dibuat sehingga tidak diketahui berhasil atau tidak. Selain menggunakan emulator bawaan dapat memakai emulator lain seperti Nox Player dan Genymotion.

Untuk proses compiler tidak membutuhkan resource yang tinggi karena semuanya dilakukan secara online. Mau menggunakan Intel Atom maupun Celeron juga bisa, lebih tinggi lebih baik. Pastikan pula koneksi internet yang digunakan stabil sehingga bisa menjalankan semua menu yang ada di App Inventor.

Baca: Belajar Java dan Spring Framework Bersama Beanary Beancamp Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.