Cara Menonaktifkan Kamus Office Word 2016

Menonaktifkan AutoCorrect Microsoft Office Word 2016

Posted on

Cara menonaktifkan/ mematikan fitur auto correct Microsoft Office Word 2016 – Autocorrect adalah sebuah fitur untuk mengoreksi atau memperbaiki kesalahan dalam mengetik. Selain itu juga mensugesti secara otomatis mengganti istilah ke dalam bahasa Inggris. Misalnya ingin mengetik kata “sosial”, bila autocorrectnya aktif jadi “social”.

Sebenarnya kalau hanya 1 atau 2 kata yang berubah tidak jadi soal karena Anda dapat menggantinya secara manual. Namun kalau jumlahnya banyak bisa menyebalkan. Microsoft menyertakan fitur autocorrect untuk memudahkan dalam mengetik istilah-istilah asing. Masalahnya bahasa yang kita gunakan adalah bahasa Indonesia dan harus mengetik sesuai Ejaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar (EYD).

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, tentunya Anda telah memahami apa itu autocorrect, manfaat, dan kerugiannya. Secara default saat installasi Microsoft Office 2016 maka autocorrect aktif dengan sendirinya, untuk menonaktifkan bisa menuju ke menu Proofing. Selengkapnya silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mematikan Fitur AutoCorrect Office Word 2016

1. Buka Microsoft Office Word 2016 kemudian pilih tab File > Options
2. Word Options > Proofing > AutoCorrect Options…
Cara Menonaktifkan AutoCorrect Microsoft Office Word 20163. Hilangkan semua centang pada AutoCorrect, simpan perubahan dengan memilih OK.
Disable AutoCorrect Office Word 2016

Pengaturan AutoCorrect Office Word 2016 Yang Benar

Cara di atas adalah menonaktifkan semua fitur yang ada pada autocorrect, namun menurut pertimbangan TERAA.NET ada beberapa opsi yang tidak boleh dinonaktifkan untuk mengoreksi setiap kata yang salah dan juga mempercepat proses pengetikan. Sebaiknya sesuaikan pengaturan autocorrectnya sesuai kebutuhan.

Baca: Cara Membalik Gambar (Mirror) Dengan Photoshop

Fungsi 5 Fitur AutoCorrect Office Word 2016:

1. Correct TWo INitial CApitals
Berfungsi untuk mengoreksi setiap kata atau huruf kapital dalam satu kata lebih dari dua kapital. Misal jika kita mengetik kata ‘BeRfungsi’, tentu saja itu salah. Seharusnya ‘Berfungsi’ atau ‘berfungsi’. Maka jika kita mengaktifkan fitur AutoCorrect ini secara otomatis setelah kita tekan spasi akan berubah menjadi benar.

2. Capitalize first letter of sentences
AutoCorrect ini berfungsi untuk mengatur huruf kapital pada setiap kata pertama setiap kalimat. Dan selanjutnya akan berfungsi juga pada penulisan kata habis titik.

3. Capitalize first letter of table cells
Ini berfungsi untuk mengatur huruf kapital pada kata pertama di setiap sel tabel.

4. Capitalize names of days
AutoCorrect ini sangat berguna karena akan mengubah secara otomatis pada setiap penulisan nama hari menjadi huruf kapital pada huruf pertamanya.

5. Correct accidental usage of cAPS LOCK key
Fitur ini sangat berguna untuk mengoreksi setiap terjadi kesalahan ketik menjadi huruf kapital ketika kita menggunakan tombol Caps Lock.

Demikianlah informasi cara menonaktifkan autocorrect pada Microsoft Office Word 2016. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada seri office di bawahnya, kurang lebih caranya adalah sama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.