4 Fitur Terbaru Gmail (Google Mail)

Update Google Mail (GMAIL) Terbaru, Kaya Fitur dan Smoth

Posted on

Siapa yang tidak kenal Google Mail (Gmail), bahkan mungkin Anda telah menggunakannya. Layanan surel milik Google ini menempati urutan pertama sebagai platform email yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Dominasi tersebut tidak terlepas dari adanya sistem operasi Android. Supaya dapat mendownload aplikasi di Google Play Store dan menikmati beberapa fitur Android pasalnya harus terhubung ke akun Google Mail.

Dari sinilah mau tidak mau pemilik Android harus membuat akun Gmail. Selain dari Android, pengguna email ini juga berasal dari mereka yang membuat blog dari Blogger.com.

Setelah sekian lama menggunakan Gmail, akhirnya pada tanggal 30 Mei 2018 Google telah mengupdatenya. Setelah dicek dibeberapa akun Gmail ternyata yang dapat update hanya sebagian saja, bisa juga untuk uji coba sebelum benar-benar dirilis.

Setelah membaca penjelasan di atas apakah Anda penasaran? Daripada penasaran sebaiknya mulai coba buka akun Gmail, bila muncul notifikasi mencoba update terbaru maka pilihlah untuk melihat fitur-fitur terbaru pada layanan email.

Baca: Cara Copy URL Instagram Untuk Link Profil, Foto, dan Video

Gmail diciptakan oleh Paul Buchheit dibawah naungan raja mesin pencari Google pada tahun 2004 yang lalu. Gmail telah mendukung lebih dari 54 bahasa di dunia sehingga membuatnya banyak dipakai orang dari berbagai penjuru.

Update Gmail ini merupakan rentetan dari beberapa layanan Google seperti Google Webmaster, Google AdSense, dsb yang telah diupdate terlebih dulu.

Kesan pertama kali mencoba update Gmail ini adalah smoth. Tampilannya sih sederhana seperti sebelumnya namun lebih kelihatan modern elegan, pokoknya nggak bosenin dilihatin lama-lama.

Setelah tampilan kemudian menuju ke fiturnya. Apa saja yang terbaru dari Gmail berikut ini penjelasannya.

4 Fitur Terbaru Google Mail

1. Kalendar

Yang terbaru dari Gmail salah satunya adalah Kalendar. Anda dapat membuat catatan pertanggal sesuka hati dengan fitur ini. Menariknya Kalendar ini terintegrasi dengan beberapa fitur lain pada Gmail seperti catatan dan taks.

2. Catatan

Catatan pada Gmail mirip sekali dengan Note. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat catatan singkat supaya mudah diingat ketika membuka akun Gmail.

3. Task

Bedanya Task dengan Catatan adalah terletak pada kegunaannya. Task lebih ditujukan untuk mencatat rencana kerja atau tugas daripada sekedar catatan.

3. Add-On

Seperti hanya Google Chrome, kini Gmail telah suport Add-on. Untuk menambahkan Add-on, Anda harus masuk ke G Suite Marketplace melalui menu dengan tanda + yang ada disamping kanan halaman Gmail.

Add-on Gmail

4. Show File

Sebelum diupdate, pada halaman utama Gmail hanya menampilkan nama Subjek saja sehingga bila ada email masuk yang di dalamnya ada file tidak terlihat. Untuk mengetahuinya harus membuka subjek tersebut.

Setelah diupdate semua email masuk yang ada filenya terlihat di halaman utama Gmail. Jenis filenya terlihat jelas seperi PDF, Word, dan Zip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.