Blog Trenggalek

Blogger Trenggalek Telah Hilang

Posted on 53 views

Blogger Trenggalek – Trenggalek adalah kota kecil di ujung selatan propinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung sebelah barat kabupaten Ponorogo dan sebelah timur kabupaten Tulungagung. Meskipun agak pinggiran namun dampak perkembangan teknologi telah sampai di sini. Akses internet di Trenggalek mulai merata dari pusat kota hingga pedesaan.

Bagi yang daerahnya tidak dilewati kabel fiber dari Telkom bisa memasang internet nirkabel atau menggunakan jaringan seluler seperti Telkomsel yang sinyal 4G sudah menyebar ke seluruh kecamatan yang ada di Trenggalek. Masyarakat Trenggalek khususnya para pemuda juga telah memanfaatkan internet sebagai sumber pendapatan sampingan dan ada pula yang total menggeluti internet marketing sebagai pekerjaan utama.

Jadi internet marketing di sini bisa bermain YouTube dan Blogger. Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube harus menjalin kerja sama yang disebut YouTube Partner Program. Para pelaku YouTube disebut juga YouTuber, mereka mendapatkan penghasilan dari video yang telah diupload dengan menyisipkan iklan pada tayangan YouTube.

Selain YouTube bisa memanfaatkan blog untuk meraup keuntungan yaitu dengan cara menjadi publisher (penayang iklan). Banyak sekali afiliasi periklanan yang bisa diajak kerjasama misalnya Google AdSense. Cara kerjanya dengan memasang iklan pada blog/ website, sehingga ketika ada pengunjung yang klik iklan maka publisher mendapatkan uang. Kunci keberhasilan blogger publisher adalah visitor/ pengunjung, sedangkan kunci sukses YouTube adalah viewer dan subsribe.

Antara blog dan youTube lebih mudah menjalankan YouTube karena tidak perlu pandai merangkai kata-kata melainkan cukup membuat video menarik sesuai kebutuhan orang ketika membuka YouTube maka viewernya cepat banyak.

Di Trenggalek sendiri perbandingan jumlah YouTuber dan Blogger saat ini masih banyak YouTuber. Pelan tapi pasti Blogger Trenggalek mulai aktif lagi, buktinya mulai bermunculan blog bikinan anak Trenggalek yang nangkring di mesin pencari Google.

 

Update…

Selang beberapa tahun kemudian setelah dipublikasikannya artikel ini, Blogger Trenggalek mulai hilang dari mesin pencari. Rata-rata dikuasai blogger dari luar Trenggalek yang membahas tentang destinasi wisata. Ada beberapa kemungkinan kenapa mulai hilang diantaranya adalah menyerah persaingan keyword dengan blogger yang didukung oleh media atau instansi dan sulitnya monetize Google AdSense untuk konten.

Kecenderungan masyarakat yang suka membuka video YouTube, membuat blog mulai ditinggalkan. Kalaua ada yang bertahan di mesin pencari biasanya memberikan penjelasan yang tidak bisa dijelaskan di YouTube.

11 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.