How to Create Bootable UEFI USB

Cara Membuat Bootable UEFI USB Untuk Install Windows

Posted on

Bootable adalah sebuah fitur bawaan BIOS untuk mengatur mana yang akan dijalankan duluan pada saat komputer dinyalakan. Untuk proses installasi Windows, dan sistem operasi lainnya harus mengubah pilihan boot priority dari CD/DVD Rom, USB Flashdisk, dan Harddisk External sesuai dengan media installer yang Anda gunakan.

Bila ingin menginstall Komputer menggunakan Flashdisk maka boot priority yang pertama dipilih USB Flashdisk. Intinya media installer harus menempati urutan pertama supaya bisa booting saat install sistem operasi. Untuk tipe komputer keluaran terbaru yang telah menggunakan UEFI maka installernya harus suport UEFI.

Installer adalah alat yang digunakan untuk menginstall sistem operasi pada komputer. Installer merupakan gabungan antara hardware dan software, dalam hal ini adalah Flashdisk dan Windows. Bila Anda menyalin data pada master Windows ke Flashdisk dengan cara copy paste maka tidak bisa booting. Harus menggunakan aplikasi tambahan seperti Win32 Disk Imager.

Pengertian UEFI dan Fungsinya

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah sebuah standar terbaru firmware interface untuk PC yang dirancang untuk menggantikankan BIOS (Basic Input/Output System). Pada awalnya UEFI dikembangkan oleh Intel dan dinamakan EFI. Namun setelah itu ada sebuah kelompok yang terdiri dari 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan menamainya seperti sekarang yaitu UEFI.

Fungsi UEFI sama seperti BIOS, UEFI adalah penghubung antara hardware, firmware, dan Operating System (OS ) dalam suatu komputer. UEFI merupakan program saat pertama kali komputer baru dinyalakan. UEFI akan memeriksa setiap komponen perangkat hardware yang terpasang di komputer, serta menyalahkan, mengatur, dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses yang disebut booting.

Persiapan Membuat Bootable UEFI USB
Sebenarnya banyak sekali aplikasi untuk membuat bootable UEFI USB namun direkomendasikan Win32 Disk Imager saja karena bisa digunakan untuk bootable Windows dan Linux. Win32 Disk Imager ini freeware jadi boleh digunakan oleh siapapun juga tan harus membelinya.

Persiapan Membuat Bootable Windows UEFI USB adalah sebagai berikut:
1. Koneksi internet untuk mendownload Win32 Disk Imager, bila tidak ada koneksi silahkan pergi ke warnet
2. Master Windows atau Linux, bila belum punya silahkan download dulu
3. Media penyimpanan Flashdisk, sebaiknya 8 GB
4. Komputer/ Laptop, untuk membuat installer membutuhkan komputer aktif yang telah terpasang Windows

Cara Membuat Bootable UEFI USB Untuk Install Windows dan Linux

1. Install Win32 Disk Imager yang telah didownload tadi
2. Tancapkan Flashdik ke port USB
3. Jalankan Win32 Disk Imager kemudian pilih Image File pada icon folder

4. Untuk sistem operasi dengan ekstensi ISO biasanya tidak terbaca, solusinya arahkan cursor mouse ke Disk Image (*.img *.IMG) ganti dengan memilih tanda bintang *.*

5. Pilih file ISO Windows kemudian Open

6. Langkah terakhir pilih Write untuk proses menyalin data dari master Windows ke USB Flashdik

7. Sembari menunggu progesnya selesai silahkan ngopi dulu hehe.

Cara Atur Boot Priority Pada BIOS Komputer

Boot Option UEFI USB

Setelah Anda berhasil membuat installer Windows bootable USB Flashdisk yang suport UEFI langkah selanjutnya adalah mengatur pilihan boot priority pada BIOS. Caranya dengan masuk BIOS kemudian pada pilihan boot priority atur yang jalan duluan adalah UEFI UEFI. Bagi yang bingung bagaimana cara masuk BIOS berikut ini caranya.

Baca: Cara Masuk BIOS Untuk Masing-Masing Merek Komputer

Demikianlah informasi cara membuat bootable UEFI USB, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Win32 Disk Imager bisa juga diterapkan untuk sistem operasi Linux. Kurang lebih caranya adalah sama seperti membuat bootable Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.