Pantau Status Pembayaran BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

Posted on

Mobile JKN adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan nama programnya sedangkan BPJS Kesehatan adalah badan penyelenggaranya. Untuk itulah JKN merupakan produknya BPJS Kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini cukup membantu para pemegang asuransi untuk memantau status BPJS-nya.

Sebenarnya ide penulisan artikel ini muncul ketika mengurus perpindahan lokasi/ wilayah yang dulunya daftar BPJS Kesehatan di Trenggalek – Jawa Timur sekarang pindah di Kendal – Jawa Tengah. Namun anehnya belum bisa digunakan di tempat tujuan baru katanya belum aktif. Proses pengurusan pindah sudah hampir 1 bulan tetapi belum bisa digunakan untuk berobat atau opname di tempat baru.

Rasanya tidak mungkin kalau tidak aktifnya karena belum membayar soalnya rutin sebelum tanggal 10 selalu dibayar. Daripada penasaran terus akhirnya pergi ke kantor BPJS Kesehatan, beliau mengatakan sudah aktif dan bisa digunakan. Jadi seandainya ada dokter atau pihak Puskesmas/ Rumah Sakit mengatakan belum aktif kemungkinan tidak mengecek status BPJS Kesehatan secara online.

Kemudian petugas BPJS Kesehatan menyuruh untuk mendownload Mobile JKN. Dari aplikasi inilah dapat dipantau statusnya aktif atau belum. Dengan memasang Mobile JKN pada smartphone Android dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang diuraikan di atas dengan cara menunjukkan langsung status aktif kepada petugas.

Daripada Anda penasaran sebaiknya langsung download Mobile JKN dan pelajari menu-menunya. Semua peserta BPJS Kesehatan wajib mendownload aplikasi ini. Untuk bisa menggunakan Mobile JKN harus mendaftarkannya dulu dengan memasukkan NIK, verifikasi email, dan nomor Hp.

Review Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan

Bagi yang belum menginstall aplikasinya silahkan download Mobile JKN, kemudian jalankan. Pada halaman Home tersedia 6 menu utama yaitu: Info JKN, Peserta, Perubahan Data Peserta, Kartu Peserta, Pendaftaran Peserta, dan Premi. Lebih jelasnya silahkan lihat screenshot Mobile JKN di bawah ini.

Kemuan dibagi lagi menjadi 4 menu yaitu: Peserta, Tagihan, Pelayanan, dan Umum. Masing-masing menu yang telah dijabarkan tadi terbagi lagi ke dalam sub menu. Berikut ini pejelasan dari masing-masing menu dan sub menu pada aplikasi Mobile JKN.

# Peserta

1. Peserta
Menampilkan informasi daftar peserta BPJS Kesehatan. Misalkan dalam 1 KK terdiri dari 3 anggota keluarga dan telah terdaftar semuanya maka nanti muncul detailnya lengkap dengan nomor kartu dan kelasnya.

2. Ubah Data Peserta
Menu ini digunakan untuk merubah data jika ada perubahan mengenai nomor Hp, email, alamat, faskes (fasilitas kesehatan tingkat 1), dan kelas BPJS Kesehatan.

3. Kartu Peserta
Bila kartu BPJS Kesehatan tertinggal bisa membuka aplikasi Mobile JKN kemudian masuk menu Kartu Peserta. Tampilannya persis dengan kartu BPJS namun ini versi digitalnya. Tinggal tunjukkan saja kepada petugas Puskesmas atau Rumah Sakit.

4. Pendaftaran Peserta
Berguna untuk mendaftarkan peserta baru atau menambah anggota keluarga ke dalam BPJS. Misalnya sekarang Anda menanggung 3 anggota keluarga, kemudian mempunyai anak lagi maka wajib menambahkannya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

# Tagihan

1. Premi
Berisi mengenai tagihan pembayaran seandainya ada tanggungan yang belum dibayar. Bila membayar rutin bulanan maka informasi yang ditampilkan adalah 0 (enol), tidak ada tagihan.

2. Pembayaran
Menjelaskan tata cara pembayaran premi asuransi melalui pembayaran mobile. Ada 4 bank yang menjadi partner BPJS Kesehatan untuk membayar premi diantaranya adalah bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Kartu Kredit.

3. Catatan Pembayaran
Menampilkan riwayat pembayaran premi untuk setiap bulannya. Besarnya pembayaran, tanggal pembayaran, dan bank yang digunakan untuk membayar ditampilkan di sini.

4. Cek VA
Cara pembayaran premi bisa menggunakan Virtual Account atau nomor peserta BPJS Kesehatan. Menu ini nenampilkan nomor virtual untuk pembayaran premi.

# Pelayanan

Menu Pelayanan terbagi ke dalam sub menu Riwayat Pelayanan, Pendaftaran Layanan, dan Skrining. Untuk mengetahui fungsinya silahkan buka satu persatu.

# Umum

Yang terakhir ini terdiri dari Info JKN, Lokasi, Pengaduan Keluhan, dan Pengaturan.

Demikianlah informasi mengenai Mobile JKN – BPJS Kesehatan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dengan hadirnya aplikasi ini memudahkan peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi mengenai asuransinya tanpa harus pergi ke kantor BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *