Review BliBli.com

Pengalaman Belanja Laptop di BliBli.com

Posted on

Ini merupakan pertama kalinya Admin belanja online di BliBli.com, sebelumnya belum pernah sama sekali. Kalau di toko online lainnya sih sering, lha ini belum pernah kok sudah berani ambil laptop di BliBli.com. Ceritanya begini, beberapa hari yang lalu laptop untuk kerja di kantor rusak dan sudah dibawa ke bengkel namun nyari sparepartnya susah sekali. Akhirnya memutuskan untuk membeli laptop baru dengan budget 4 juta rupiah.

Kalau dihitung-hitung ini sudah yang ke-4 kalinya beli laptop dengan merek yang berbeda. Kalau di rumah sih ada PC Gaming, kalau di luar tetap membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas kerja. Setelah browsing sana-sini keputusan mengambil Dell Inspiron 3462 yang merupakan keluarga dari Inspiron 14 3000 Series.

Spesifikasinya sih tidak tinggi karena menggunakan Intel Celeron Processor N3350 (2MB Cache, up to 2.40 GHz), RAM 4GB 1600MHz DDR3L, dan
Harddisk 500GB 5400 rpm. Karena dananya cuma 4 juta jadi wajarlah mendapatkan yang seperti itu. Setelah menentukan laptop yang akan dibeli langkah selanjutnya mencari toko onllinenya.

Baca: Cara Mengetahui Toko Online Tersebut Terpercaya atau Tidak

Setidaknya Admin telah membandingkan harga di 4 toko online yang berbeda-beda dan akhirnya belanja di BliBli.com. Ada beberapa pertimbangan kenapa berani di BliBli.com diantaranya adalah harga yang dijual oleh seller kompetitif, lumayan murah. Selain itu gratis ongkir seluruh Indonesia, berlaku untuk semua barang yang dijual di BliBli.com.

Layanan gratis ongkir di BliBli.com berlaku dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Transaksi belanja Rp. 75.000 – Rp. 199.999 maksimal ongkir yang ditanggung BliBli.com Rp. 50.000
2. Transaksi belanja Rp. 200.000 – Rp. 999.999 maksimal ongkir yang ditanggung BliBli.com Rp. 100.000
3. Di atas Rp. 1.000.000 maksimal yang ditanggung Rp. 200.000.

Tentunya indikator kepercayaan calon pembeli bukan hanya ditentukan oleh gratis biaya kirim saja, ada faktor lain yang harus diperhatikan yaitu terpercaya atau tidak. Sebelum memutuskan beli laptop di BliBli.com, Admin mempelajari dulu aturan yang diberlakukan untuk Merchant/ Seller dan pembeli. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di FAQ Merchant.

BliBli.com Cukup Terpercaya

BliBli.com Cukup Terpercaya atau Tidak

Intinya begini, mau belanja online dimanapun juga yang perlu dipertimbangkan adalah waktu konfirmasi pesanan dan pengiriman barang yang diberlakukan toko online tersebut berapa lama. Carilah yang waktunya paling pendek supaya proses kiriman cepat. Ada yang memberlakukan 2x 24 jam (2 hari), ada yang 3 hari, dan 4 hari.

Kalau di BliBli.com waktunya 2 hari, lebih dari itu akan dibatalkan secara otomatis dan dikenakan denda. Berikut ini Quote yang diambil dari official websitenya.

Jika Anda tidak melakukan konfirmasi pengiriman/memasukkan Nomor Resi (AWB) dalam waktu 2 hari kerja, maka pesanan akan otomatis dibatalkan dan anda akan dikenakan penalti sebesar Rp 100.000.

Terus terang aturan seperti ini baru dijumpai di BliBli.com, toko online besar seperti Tokopedia dan Bukalapak tidak ada. Bila dalam waktu 2 hari tidak diproses maka uang dikembalikan lagi ke pembeli.

Namun sayangnya BliBli.com tidak menyertakan fitur chat, jadi mau berbicara ke seller tidak bisa. Tetapi untuk Anda yang baru pertama kali akan belanja di sini tidak perlu khawatir karena proses pembayarannya menggunakan rekening bersama (Rekber) milik BliBli.com, bukan langsung dikirim ke seller.

Selain itu sepertinya BliBli.com cuma mau bekerja sama dengan seller yang benar-benar bertanggung jawab, bukan asal-asalan saja. Buktinya mereka yang tidak memproses pesanan dikenakan denda.

Detail proses pemesanan cukup jelas, dari menu inilah Anda dapat memantau status pengiriman telah sampai mana. Ada 4 indikator membaca status pesanan yaitu: Sedang Diproses, Siap Dikirim, Dalam Pengiriman, dan Terkirim.

Kurir yang digunakan seller di BliBli.com semuanya menggunakan JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) yang telah berpengalaman sejak dulu sebagai jasa pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Demikianlah pengalaman belanja online di BliBli.com, artikel dibuat berdasarkan pengalaman pribadi Admin dan bukan termasuk artikel pesanan/ marketing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang hendak belanja di BliBli.com tidak perlu merasa ragu/ khawatir, cukup terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *