Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Yang Lupa

Posted on

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan beberapa metode pembayaran untuk pendaftar pertama dan iuran premi asuransi tiap bulannya. Anda bisa membayarnya dengan mentransfer uang ke rekening virtual account atau dipotong secara otomatis dari rekening tabungan Anda.

Nomor virtual account diberikan pertama kali saat mengajukan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Biasanya customer service memberikan nomor ini pada secarik kertas supaya dicatat calon peserta BPJS. Setelah melakukan pembayaran baru diberikan kartunya dan statusnya aktif.

Namun sayangnya banyak yang lupa dengan virtual accountnya, untuk mengetahuinya Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan menanyakan hal tersebut. Mereka lupa ya wajar saja mungkin karena tidak disimpan atau disalin pada media yang aman sebagai pengingat nomor virtual account.

Baca: Pantau Status Pembayaran BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

Sebenarnya bisa menggunakan nomor kartu BPJS untuk membayar iuran asuransi, tetapi hanya bisa dilakukan di Indomart, Alfamart, dan atau yang telah menjadi partner BPJS Kesehatan. Untuk membayar secara online langsung dari internet banking tetap membutuhkan nomor virtual account.

Bila Anda termasuk salah satu pembaca yang lupa nomor virtualnya jangan panik dulu, berikut ini dijelaskan cara mengetahuinya.

Solusi Lupa Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan mengeluarkan produk terbarunya yang bernama JKN Mobile. Sesuai namanya berarti aplikasi hanya bisa dijalankan melalui smartphone. Untuk sementara hanya tersedia platform Android.

Bagi yang belum punya silahkan download JKN Mobile, kemudian install pada smartphone Anda. Kemudian pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile” seperti pada gambar di bawah ini.

JKN Mobile

Lengkapi data BPJS berupa nomor kartu, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, password, konfirmasi password, email, dan no. Hp kemudian tekan “Register”. Setelah bisa login ke aplikasi JKN Mobile maka pilihlah menu “Cek VA”, tunggu beberapa detik sampai nomor virtual accountnya ditampilkan.

Cara Melihat Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

Contoh di atas untuk BPJS Kesehatan tingkat 2 dimana untuk masing-masing peserta dikenakan iuran sebesar Rp. 51.00.000/ bulan. Nomor virtual account terdiri dari 4 bank mitra yaitu BNI, BRI, BTN, dan bank Mandiri. Pilih salah satu sesuai dengan rekening tabungan yang Anda punya. Nomor virtual account terdiri dari 16 digit untuk masing-masing bank.

Baca: Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Indomart dan Alfamart

Demikianlah informasi cara melihat nomor virtual account BPJKS Kesehatan dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Bila informasi ini dirasa bermanfaat bagi orang banyak, khususnya peserta BPJS Kesehatan silahkan dibagikan melalui sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *