Ganti Busi Standar Honda CB150R Dengan NGK Iridium

Posted on

Busi NGK Iridium – Setelah pemakaian 25.000 km akhirnya memutuskan untuk ganti busi CB150R dengan yang lebih baik lagi yaitu busi Iridium. Sebenarnya sih busi standar dari Honda masih baik-baik saja meskipun ketika dilepas ujungnya agak gosong (hitam) dan bisa dibersihin menggunakan kertas amplas.

Memakai busi standar Honda NGK CPR9EA-9 lebih dari cukup, CB150R yang umurnya 2 tahun lebih 2 bulan ini masih enak distarter dan belnya masih nyaring namun bensin mulai boros meskipun menggunakan Pertamax. Keputusan selanjutnya membeli busi iridium merek NGK.

TERAA.NET mendapatkan busi NGK Iridium secara online di Honda Cengkareng, kebetulan waktu itu sambil beli sparepart lain seperti baut pembuangan air radiator, rubber frender, dan rubber tank. Harganya Rp. 99.000, disemua toko online juga sama yaitu kisaran Rp. 98.000 hingga Rp. 100.000.

Setelah busi NGK Iridium datang langsung dipasang di CB150R, kesan pertama menggunakan busi iridium adalah tarikan enteng dan power motor jadi naik. Menurut mekanik Honda tidak perlu setting ulang ketika menggunakan NGK Iridium, langsung pasang saja karena busi jenis ini sudah disesuaikan dengan motor standar dengan durabilitas pemakaian yang tinggi.

Kode busi NGK Iridium adalah IX CPR9EAIX-9 sedangkan standar Honda CPR9EA-9. Meskipun keduanya sama-sama buatan NGK namun untuk membedakan busi iridium dan biasa terletak pada kode IX. Perbandingan harganya juga cukup jauh, untuk NGK CPR9EA-9 (standar) hanya Rp. 19.000.

Cara mengganti busi CB150
Busi NGK Iridium menggunakan kemasan berwarna biru. Gambar yang di atasnya NGK adalah busi standar CB150R yang baru dilepas
Kualitas busi NGK Iridium
Perbedaan busi standar (atas) dan Iridium (bawah)

Membaca Arti Kode Busi IX CPR9EAIX-9

Kode yang tertera pada badan busi bukan sembarang tulisan melainkan ada artinya sendiri. Bagi Anda yang masih belum paham bagaimana cara membaca kode tersebut, berikut ini adalah penjelasannya:
C –  Diameter ulir 10 mm
P –  Projected Insulator
R –  Busi resistor ( wajib di motor injeksi )
9 –  Tingkat panas busi
E – Panjang ujlir 19 mm
A – Special design
IX – Kode busi iridium
-9  – Celah busi 0,9 mm.

Perbedaan Busi Standar Dengan Iridium

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, ada beberapa perbedaan busi iridum dengan busi standar. Busi standar elektroda pusatnya dibuat dari nikel atau platinum, sedangkan busi iridium dari bahan iridum. Bahan iridium atau iridum alloy mempunyai sifat pengantar listrik dan penolak panas yang baik.

Keunggulan Busi NGK Iridium Sparkplug IX CPR9EAIX-9

1. Busi lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil dibanding busi reguler
2. Tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter
3. Pembakaran yang dihasilkan lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)
4. Lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart
5. Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan).

Cara Melepas dan Mengganti Busi Honda CB150R

Sebelum melepas busi dan menggantinya dengan yang baru ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan yaitu kunci L untuk membuka shroud Honda CB150R, kunci ring pas ukuran 10 mm dan 8 mm untuk melepas radiator, dan kuci busi. Selengkapnya silahkan ikuti petunjuknya berikut ini:
1. Buka shroud CB150R, di situ ada 4 baut yang harus dilepas menggunakan kunci L
2. Lepaskan shroud secara perlahan-lahan, jangan sampai ada seal yang hilang atau jatuh
3. Selanjutnya lepas baut radiator CB150R dengan kuci ring pas 10 mm dan 8 mm
4. Siapkan plastik atau pengganjal supaya air radiator tidak tumpah kemana-mana
5. Tarik ke atas tutup busi hingga terlepas, masukkan kunci busi dan putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam
6. Pasang busi baru dan kencangkan dengan memutar ke kanan atau bersamaan arah jarum jam
7. Kembali pasang radiator beserta selangnya, dan shroud CB150R.

Demikianlah informasi tentang busi NGK Iridium untuk Honda CB150R, semoga lebih awet dan bisa bikin irit bahan bakar. Peralatan seperti kunci L dan kunci busi sudah dibawakan dalam paket pembelian, mungkin yang harus beli sendiri adalah kunci ring pas 10 mm dan 8 mm.

Bahasan mengenai review penggunakan busi NGK Iridium pada Honda CB150R akan ditulis beberapa bulan kemudian karena kalau baru ganti seperti ini tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai kualitas busi iridium secara keseluruhan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.