cairan pembersih komponen komputer

Cairan Pembersih Komponen Komputer dan Perangkat Elektronik

Posted on 56 views

Memiliki komputer dekstop harus sering dibersikan supaya komponen yang ada di dalamnya tetap awet. Kalau dibiarkan banyak debu bisa menyebabkan papan sirkuit berkerak dan beberapa kapasitor menggelembung. Anda dapat dengan mudah menggunakan cairan pembersih komponen komputer dan perangkat elektronik yang dijual bebas di pasaran.

Bukan sembarang cairan, harus mengandung aerosol yang bisa cepat kering dan tidak menghantarkan arus listrik. Selain itu pastinya mampu melunakkan kerak yang menempel pada komponen elektronik.

Permasalahan komputer seperti tidak tampilnya gambar pada layar monitor bisa membersihkan slot Memory menggunakan cairan pembersih. Kemudian membersihkan juga kaki-kaki memory dan dipasang kembali. InsyaAllah dapat bekerja dengan baik dan komputer menampilkan gambar.

Baca: Mengenal Prosesor AMD Tanpa GPU

Ketika menggunakan cairan ini, perangkat elektronik tidak boleh dalam keadaan menyala. Harus off baru bisa dibersihkan dengan cara menyemprotnya, kemudian baru boleh dihidupkan.

Kali ini TERAA.NET akan merekomendasikan cairan pembersih komponen komputer dan perangkat elektronik yang wajib dipunyai oleh teknisi atau Anda yang hobi bersih-bersih.

 

Cairan Aerosol Pembersih Perangkat Elektronik

 

Rexco 18

Fungsi utama dari Rexco 18 ini adalah membersihkan komponen elektronik yang sudah kotor, seperti panel elektronik mobil, papan PCB, komponen komputer ataupun kumparan dinamo. Dengan kelebihan fungsinya yang mumpuni, produk ini sangat diminati oleh masyarakat luas yang ingin melakukan pembersihan komponen elektronik.

Baca: Mengenal Prosesor Intel Tanpa GPU

Rexco 18 cairan pengganti air yang sangat banyak dipergunakan dalam proses pembersihan peralatan elektronik, terutama pada PCB Board, Mainboard, dan segala papan elektronik yang dipergunakan. Kelebihan lain adalah, papan elektro/ PCB /Mainboard yang dibersihkan tidak akan mengalami induksi listrik atau menghantar listrik/ kontak strum karena pada dasarnya produk ini sudah dirancang sedemikian rupa supaya tidak dapat menghantarkan listrik walaupun berbentuk cairan seperti air.

Berbagai peralatan dan uji coba sudah dilakukan dengan produk ini sebagai pembersih terbaik di kelasnya, dengan tingkat viskositas yang tinggi, zero induksi dan zero residu. Beberapa aplikasikan selain papan elektro, masih banyak lagi yang dapat diaplikasi dengan produk ini antara lain untuk papan remote, komponen papan elektro A/C, komponen dalam TV, komponen dalam handphone dan komponen lainnya yang masih berhubungan dengan elektronik.

Negara Asal: Amerika Serikat
Harga: Kisaran 30-50 ribu

 

WD 40 Specialist Contact Cleaner

Merupakan cairan yang berfungsi untuk membersihkan minyak, debu, dan kotoran pada komponen elektrik seperti pada computer, handphone, tablet, printer, mesin fotocopy, instrumen presisi, control, circuit board, switches, tape heads, electrical assembly, dan lain-lain. Cairan ini dapat melakukan penetrasi dengan cepat untuk membersihkan area yang sulit dijangkau tanpa meniggalkan tanda residu dan cepat kering.

WD40 Specialist Contact cleaner ini dirancang tahan terhadap kekuatan listrik hingga 35000 Volt, sehingga efektif untuk digunakan pada komponen elektrik, papan sirkuit, PCB, dan tombol switch.

Negara Asal: Amerika Serikat
Harga: Kisaran 30-50 ribu

 

Perfects Universal Degreaser

Sama seperti Rexco 18 dan WD 40 Specialist Contact Cleaner, cairan ini juga mampu membersihkan perangkat elektronik dengan aman. Memang namanya tidak setenar kedua cairan di atas, namun kemampuannya sudah teruji.

Cairan ini mampu membersihkan komponen komputer, busi pada motor, komponen handphone, dan remot kontrol. Selain berhubungan dengan perangkat elektronik, Perfects Universal Degreaser juga bisa diaplikasikan sebagai pelumas pada gear sepeda dan sepeda motor.

Negara Asal: Thailand
Harga: Kisaran 40-50 ribu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.