Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi

Posted on 34 views

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara daftar aplikasi BPJSTKU. Rasanya ada yang kurang bila tidak berbagi cara cek saldonya.

Inilah bedanya BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan dimana terletak pada jumlah saldonya. Untuk program Jaminan Hari Tua, saldo yang terkumpul bisa diklaim sebagai uang pensiun.

Meskipun seperti menabung namun tetap bisa digunakan untuk berobat bila terjadi kecelakaan kerja. Tinggal mengunjungi klinik, puskesmas, dan rumah sakit tanpa perlu menggunakan surat rujukan.

Seperti namanya BPJS Ketenagakerjaan, yang menjamin para pekerja untuk memperoleh kartu BPJS adalah pemberi kerja. Bisa dari instansi, pabrik, dan perusahaan. Iuran diambil dari gaji bulanan masing-masing pekerja sampai ia pensiun. Misalnya terdaftar BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan A selama 5 tahun kemudian Anda kena PHK maka saldonya bisa diklaim.

Semua program BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP) saldonya bisa dicek melalui aplikasi BPJSTKU.

Tentu syaratnya harus terdaftar dulu sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan membuat akun di aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini tersedia dalam dua platform yaitu Android dan iOS. Download dulu di Google Play Store maupun App Store kemudian buat akun. Selengkapnya silahkan baca panduan berikut ini.

Baca: Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU (BPJS Ketenagakeraan)

 

Cek Saldo BPJS Ke Melalui Aplikasi BPJSTKU

1. Dalam hal ini diasumsikan Anda telah berhasil daftar aplikasi BPJSTKU
2. Jalankan aplikasi BPJSTKU kemudian login menggunakan akun yang telah terdaftar
3. Setelah itu akses menu Lihat Saldo
4. Di situ Anda akan melihat jumlah saldo seperti Jaminan Hari Tua (JHT)
5. Saldo yang tampil adalah akumulasi total iuran perbulan, semakin lama bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan maka saldonya tambah banyak.

 

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Official Website BPJSTKU

Selain melalui aplikasi, Anda bisa cek saldo melalui website resmi BPJS Ketenagkerjaan di alamat berikut ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian login menggunakan akun yang telah terdaftar, bila belum silahkan klik Daftar Pengguna. Setelah berhasil login klik Lihat Saldo, di situ akan ditampilkan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Demikianlah informasi cara cek saldo BPJS Kesehatan melalui aplikasi BPJSTKU dan Official Website BPJSTKU. Kini Anda mempunyai dua pilihan bisa lihat saldo melalui aplikasi atau browser komputer. Biasanya kalau lagi mobile enak cek menggunakan aplikasi BPJSTKU, namun kalau di depan komputer enak pakai web BPJSTKU. Akun BPJSTKU yang terdaftar bisa digunakan untuk login di aplikasi dan web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.