metode pembayaran Google AdSense

Mengganti Metode Pembayaran Google AdSense Dari Westren Union ke Transfer Bank

Posted on 28 views

Pada tanggal 21 Agustus 2020, Google Payment memberi pengumuman resmi bakal menutup Western Union sebagai metode pencairan pembayaran mulai awal tahun 2021. Publisher disarankan segera merubah metode pembayaran Google AdSense menggunakan cek atau transfer ke bank lokal Indonesia (Wire Transfer).

Apa yang diumumkan Google Payment tersebut diluar dugaan publisher karena mengira kalau masih bisa menggunakan Western Union sampai akhir tahun 2020. Ternyata lebih cepat dari yang diperkirakan karena di announcement dashboard Google AdSense tertulis bahwa Western Union akan dihapus dari pilihan metode pembayaran pada bulan Agustus 2020 ini.

Apa yang diinformasikan Google Payment ini hanya berlaku bagi pengguna akun USD bukan akun IDR. Karena di Indonesia sendiri sejak tahun 2015 bila daftar Google AdSense pasti mendapatkan akun IDR. Sedangkan pendaftar sebelum tahun 2015 masih akun USD.

Baca: Google AdSense Secara Resmi Segera Memberhentikan Western Union

Akun USD inilah ketika Wire Transfer dikenakan biaya karena uangnya dikirim dari luar negeri sedangkan akun IDR dari Indonesia jadi tidak dikenakan biaya. Besarnya biaya tergantung dari masing-masing bank, untuk sementara potongan terendah di bank Mandiri sebesar 5% sedangkan BRI, BNI, BCA diatas 10%.

Pengguna akun Google AdSense USD harus mau menerima kenyataan pahit ini meskipun mengumpulkan uang dari blog dan YouTube kian sulit. Setidaknya bisa gajian rutin bulanan saja patut disyukuri.

Berbagai upaya dilakukan publisher supaya tidak kena potongan ketika Wire Transfer seperti mengubah nilai mata uang USD ke IDR, padahal itu percuma saja. Yang berubah hanya tampilan di dashboard Google AdSense sedangkan jenis akunnya masih USD.

Kalau ada publisher yang mengatakan bisa merubah dengan mengganti mata uang dolar ke rupiah itu dia tidak paham jenis-jenis akun Google AdSense dan pastinya mereka menggunakan akun IDR dimana Wire Transfer tidak dikenakan biaya.

Untuk merubah metode pembayaran Google AdSense harus melalui tahapan menambahkan rekening bank lokal Indonesia kemudian baru bisa menggantinya. Tetapi sebelum itu pastikan Anda memperoleh informasi bank apa yang memberikan potongan terkecil untuk Wire Transfer.

 

Biaya Wire Transfer Google AdSense USD

Berikut ini adalah rincian biaya transfer pencairan Google AdSense ke bank lokal Indonesia (informasi ini tidak tetap, tergantung dari pihak bank):
1. Bank Mandiri 5% – 10%
2. Bank BNI 10% – 15%
3. Bank BRI 10% – 20%
4. Bank BCA 20% – 25%.

 

Cara Menambahkan Rekening Bank Sebagai Metode Pembayaran Google AdSense

1. Login ke dashboard Google AdSense menggunakan akun terdaftar
2. Pada sidebar sebelah kiri klik Payments
3. Pilih Manage Payments Method > Add Payments Method

4. Beri centang pada Add new Wire Transfer details

Petunjuk Pengisian:
Beneficiary Id (Optional): kolom isian tentang ID Anda, bisa diisi bisa tidak
Name on bank account: nama pemilik rekening bank
Bank name: nama bank yang digunakan untuk Wire Transfer
SWIFT BIC: isi kode bank (lihat keterangan di bawahnya)
Account number: isi rekening bank (bila di buku rekening ada tanda min (-) maka di sini cukup ketik angkanya saja
Re-type Account number: isikan kembali rekening bank
Intermediary bank (ask your bank): kosongkan
FFC or FBO (ask your bank): kosongkan
Set as primary payment method: beri centang bila ingin menjadikannya default pembayaran.

5. Save (simpan).

 

Daftar SWIFT BIC

Berikut ini daftar SWIFT BIC untuk bank besar di Indonesia, untuk bank lain silahkan Googling atau tanyakan langsung ke pihak bank apakah menerima pembayaran dari luar negeri.

Bank Central Asia (BCA) – CENAIDJA
Bank Negara Indonesia (BNI) – BNINIDJA
Bank Rakyat Indonesia (BRI)- BRINIDJA
Bank Mandiri – BMRIIDJA

 

Cara Mengganti Metode Pembayaran Google AdSense

Masih di dashboard Google AdSense masuk menu Payments kemudian pilih Manage Payments Method. Pada Wire Transfer to bank account… ubah dari None menjadi Primary.

Selamat ini Anda telah berhasil merubah metode pembayaran dari Western Union ke bank lokal Indonesia.

Demikianlah informasi cara menambahkan rekening bank sebagai metode pembayaran Google AdSense, cara mengganti metode pembayaran Western Union ke Wire Transfer serta informasi mengenai kode SWIFT BIC. Semoga informasi singkat ini dapat memberikan manfaat kepada publisher Google AdSense US.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.