Western Union

Pembayaran Western Union Google AdSense Dihentikan

Posted on 61 views

Kabar kurang menyenangkan datang dari Google AdSense karena akan memberhentikan pencairan pembayaran Western Union. Informasi ini disampaikan Tim Google Payments pada tanggal 21 Agustus 2020 melalui akun email yang terdaftar di Google AdSense.

Bagi pengguna akun Google AdSense US atau yang defaultnya menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat memilih Western Union sebagai metode pembayaran merupakan pilihan tepat karena tidak dikenakan biaya pajak selayaknya Wire Transfer menggunakan bank lokal yang ada di Indonesia.

Sedangkan mereka yang daftar Google AdSense setelah tahun 2015 mendapatkan akun IDR namun tidak tersedia metode pembayaran Western Union. Kelebihan akun ini adalah ketika melakukan pencairan ke bank lokal Indonesia tidak dikenakan pajak selayaknya akun US.

Baca: Cara Mengatasi Earning at Risk.. Google AdSense

Tim Google Payments menyarankan untuk merubah metode pencairan pembayaran menggunakan alternatif lain seperti Wire Transfer (bank) dan chek. Tidak jelas diketahui secara pasti kenapa tiba-tiba Google AdSense memberhentikan Western Union karena dalam pesan yang dikirim tidak disertai alasannya.

 

Kapan Google AdSense Secara Resmi Menutup Pencairan Pembayaran Western Union?

Pemberhentian ini mulai berlaku pada awal tahun 2021, jadi sambil menunggu pergantian tahun pengguna Google AdSense masih bisa menerima pembayaran melalui Western Union. Bagi TERAA.NET sendiri tentu sangat menyedihkan karena tidak bisa main ke kantor POS Indonesia ketemu mbak-mbak cantik setiap tanggal 22 hehe.

Selepas dari itu selama Google AdSense masih mau membayar publisher secara konsisten dan tepat waktu beralih menggunakan metode pencairan pembayaran lain tentu tidak jadi masalah.

Berikut ini adalah kutipan pesan masuk tentang pemberhentian Western Union sebagai salah satu metode pembayaran Google AdSense.

Pelanggan yang terhormat

Mulai awal tahun 2021, Google akan berhenti mencairkan pembayaran melalui Western Union.

Untuk terus menerima pembayaran dari Google, Anda harus login ke akun Anda (​Google AdSense, Google AdMob, Google Ad Manager) dan tambahkan atau pilih metode lain untuk menerima pembayaran.

Metode Pencairan Pembayaran Google AdSense

Ketika Tim Google Payments secara resmi memberhentikan Western Union maka metode pembayaran lain yang dapat dipilih adalah Wire Transfer dan Chek. Untuk publisher yang tinggal di Indonesia disarankan menggunakan Wire Transfer dengan bank lokal karena mudah dalam pembayarannya. Pengalaman yang sudah menggunakan Chek, prosesnya cukup lama karena harus menunggu Chek datang.

 

Perbedaan Metode Pembayaran Akun Google AdSense US dan IDR

1. Google AdSense US tersedia dalam 3 metode pembayaran yaitu Western Union (WU), Wire Transfer, dan Chek. Mulai tahun 2021 hanya tersedia 2 metode pembayaran yaitu Wire Transfer dan Chek
2. Google AdSense IDR hanya tersedia 1 metode pembayaran yaitu Wire Transfer
3. Google AdSense US ketika dicarikan ke bank lokal Indonesia maka akan dikenakan pajak. Besarnya pajak tiap bank berbeda-beda, namun yang paling rendah adalah Bank Mandiri
4. Google AdSense IDR ketika dicairkan ke bank lokal Indonesia tidak dikenai pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.