Tabung Minyak Rem CB150R

Mempertanyakan Kualitas Tabung Minyak Rem Belakang Honda CB150R

Posted on 21 views

Di tahun ke-4 mempunyai motor Honda CB150R muncul masalah baru yaitu terjadinya keretakan pada tabung minyak rem belakang CB150R. Ini merupakan serentetan masalah pada CB150R dimana pada tahun-tahun sebelumnya pernah ganti block silinder, tensioner, dan kebocoran pada shock depan. Yang terakhir ini merupakan masalah serius karena kalau dibiarkan begitu saja bisa berujung kecelakaan.

Peranan rem sangatlah vital karena menentukan keselaman manusia dalam berkendara, tanpa rem yang bekerja secara maksimal maka nyawa taruhannya. Maka dari itu lakukan pemeriksaan secara berkala pada komponen ini, bila ditemukan masalah sebaiknya langsung diperbaiki atau ganti sparepart.

Rem sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti tabung minyak rem. Rata-rata rem depan menggunakan tabung besi sedangkan rem belakang terbuat dari plastik. Kelemahan berbahan dasar plastik adalah tidak tahan panas, sehingga kalau motor sering parkir di tempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari maka tabung minyak rem muncul retakan-retakan kecil.

Baca: Garansi Hangus Karena Kolom KPB Tidak Diisi AHASS

Retakan seperti ini bila dibiarkan dapat menyebabkan bocornya minyak rem sehingga rem tidak bekerja secara maksimal atau ngeblog. Jujur bila dibandingkan dengan motor dari pabrikan lain, kualitas tabung minyak rem Honda CB150R ini sangat jelek.

Selama 4 tahun bersama CB150R jarang sekali parkir di bawah terik matahari, selalu ditempat teduh. Kemungkinan retaknya karena panas dalam perjalanan 30 km sehari. Mestinya dengan kondisi seperti itu tabung minyak rem masih awet, lha ini malah rusak.

Harga tabung minyak rem belakang CB150R
Tabung minyak rem belakang CB150R retak-retak

 

Fungsi Tabung Minyak Rem

Fungsi utama adalah untuk menyimpan minyak rem cakram pada motor, dari tabung inilah pengguna CB150R dapat mengontrol apakah minyaknya masih penuh atau habis. Kalau indikatornya berada di level Lower maka wajib menambahkan minyak rem untuk menjaga tekanan tetap pakem.

 

Kenapa Tabung Minyak Rem Motor Honda Cepat Rusak?

Teknologi motor Honda memang bagus namun tidak berlaku untuk bahan dasar yang digunakan untuk sparepart motor. Kalau muncul pertanyaan kenapa tabung minyak rem cepat rusak? kemungkinan pemilihan serbuk plastik jelek sehingga ketika dicetak menjadi tabung minyak rem durabilitasnya cukup pendek.

Hal tersebut juga berlaku pada silinder block New CB150R keluaran pertama dimana silindernya cepat retak dikarenakan besi yang digunakan untuk silinder kualitas rendah.

 

Harga Suku Cadang Tabung Minyak Rem Belakang CB150R

Harga tabung minyak rem belakang CB150R cukup murah yaitu Rp. 20.000, namun untuk bisa membawanya pulang harus inden di AHASS dengan membawa foto kopi KTP dan STNK. Kalau mau beli di marketplace harganya kisaran Rp. 40.000, memang sedikit lebih mahal namun tidak perlu inden. Harga tersebut adalah harga tabungya, bukan bersamaan tutupnya.

 

Cara Mengganti Tabung Minyak Rem Sendiri

Pemilik CB150R pasti bisa mengganti tabung minyak rem sendiri, caranya lepas terlebih dahulu bautnya kemudian buka tutup tabung dengan melepas baut. Setelah itu kendorkan klep penjepit selang rem, kemudian tarik selangnya.

Pasang tabung minyak rem yang baru, kemudian tambahkan minyak rem secukupnya. Pasang kembali dengan mengencangkan baut yang menempel pada rangka CB150R.

Baca: Cara Mempercepat Klaim Garansi Motor Honda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.