Garansi motor Honda

Garansi Hangus Karena Kolom KPB Tidak Diisi AHASS

Posted on

Hak konsumen sebagai pemilik motor Honda adalah mendapatkan garansi dan bisa diklaim selama masih dalam masa garansi. Supaya garansi tetap berlaku, Anda harus melakukan service rutin di bengkel resmi AHASS. Jangan sampai hak Anda gugur karena kelalaian petugas AHASS.

Yang dimaksud lalai di sini adalah karena disebabkan oleh petugas AHASS itu sendiri yaitu dengan tidak mengisi kolom KPB dan mencentang daftar ceklis pada bagian jadwal peralatan berkala. Kolom KPB terdapat pada buku service yang seharusnya dibawa setiap melakukan service di AHASS.

Honda memberikan service gratis sebanyak 3 kali dalam waktu 1 tahun, dalam masa itu setiap kali service pasti diminta menunjukkan buku service dan STNK. Setelah jatah 3 kali service habis maka petugas AHASS jarang meminta apalagi menanyakan buku service.

Padahal kolom KPB harus diisi petugas AHASS setiap kali melakukan service supaya garansi tetap berlaku. Kolom KPB harus diberi tanda tangan dan stempel AHASS, boleh service di beda AHASS asalkan riwayat servicenya ada. Apa jadinya kalau kolom KPB tidak diisi oleh petugas? otomatis garansi gugur.

Part Yang Masuk Klaim Garansi AHM

1. Garansi mesin selama 3 tahun (3.00 km), tergantung mana dulu yang tercapai
2. Garansi rangka dan sistem kelistrikan 1 tahun (10.00), tergantung mana dulu yang dicapai
3. Garansi komponen PGM-FI selama 5 tahun (50.000), tergantung mana dulu yang dicapai.

Pengalaman Garansi Motor Honda Hangus Karena Buku Service Tidak Diisi

Pengalaman ini dialami langsung oleh TERAA.NET ketika mengajukan klaim garansi Lifter Assy Tensioner untuk Honda New CB 150R. Usia motor belum ada 3 tahun tepatnya masih 2,5 tahun, jumlah kilometer (km) juga belum sampai 30.00 km, karena masih dalam masa garansi seharusnya bisa diklaim.

Baca: Mempercepat Klaim Garansi Motor Honda

Betapa kagetnya ketika klaim garansi ditolak secara sepihak oleh AHASS dengan alasan tidak ada bukti melakukan service. Nama AHASS tidak perlu disebut, yang pasti salah satu yang ada di kabupaten Trenggalek. Padahal selalu service rutin setiap 2.000 di situ, namun karena buku service tidak diisi maka garansinya gugur.

Gimana mau isi buku service, lha petugasnya tidak minta apalagi tanya tentang buku tersebut. Yang diminta hanya STNK saja setiap kali service. Memang sih diberi kwitansi setiap kali service, namun apakah bukti tersebut cukup untuk melakukan klaim garansi?

Di buku service tercantum secara jelas, Agar garansi tetap berlaku, pastikan Petugas AHASS mengisi kolom KPB serta membubuhkan tanda tangan dan cap AHASS pada lembar monitoring jadwal perawatan berkala. Kebanyakan konsumen tidak jeli membaca buku service sehingga tidak pernah bawa saat service. Parahnya lagi petugas AHASS tidak mengingatkan atau menanyakan tentang buku tersebut.

Poin ceklis perawatan berkala
Poin-poin perawatan berkala yang seharusnya dicetang petugas AHASS ketika melakukan service

 

Monitoring jadwal perawatan berkala yang tidak diisi secara teratur oleh AHASS
Tabel kolom KPB

Pernah melakukan komplain ke Astra Honda Care tentang pelayanan tersebut, hasilnya petugas AHASS kelabakan bagaimana cara mengisi riwayat service untuk laporan ke Astra Honda. Kalau Anda mengalami permasalahan yang sama seperti dijelaskan di atas maka solusinya adalah menghubungi Astra Honda Care untuk mencari jalan keluarnya.

Yang menangani petugas nakal tersebut langsung dari Honda pusat, jadi Anda tinggal menunggu kelanjutan kabar baik dari sana. Harapannya konsumen jangan diam, kalau dirasa menyimpang dari tugas dan kewajibannya laporkan saja ke Astra Honda Care.

Contact Astra Honda Care

Sosial Media Facebook dan Twitter
– Facebook: https://www.facebook.com/pg/AstraHondaCare
– Twitter: @AstraHondaCare atau https://twitter.com/astrahondacare

Website: Astra Honda Care
Email: customercare@astra-honda.com
Call: 1-500-989
SMS: 0811-9-500-989


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.