Menyesuaikan Kalibrasi Adobe Photoshop Dengan Monitor

Posted on

Menurut pengertiannya, Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dengan cara membandingkannya. Kalibrasi pada Adobe Photoshop adalah membandingkan output yang telah tersimpan dalam format .jpeg dengan gambar aslinya yang tampil di layar komputer.

Biasanya hasil gambar yang dibuat atau diedit menggunakan Adobe Photoshop ketika disimpan dan dibuka pada komputer maka warna gambarnya berbeda dengan sebenarnya. Misalnya yang seharusnya berwarna biru yang tampil malah hijau keungu-unguan.

Meski begitu kalibrasi tidak mempengaruhi hasil gambar ketika dicetak menggunakan printer, warna yang muncul tetap yang aslinya. Perbedaan warna ini cukup menggangu mata bagi yang melihatnya, namun Anda bisa menyesuaikannya dengan mengubah CMYK Collor dengan RGB Collor.

Pengertian RGB dan CMYK Pada Warna

RGB adalah model warna yang terdiri dari 3 warna dasar yaitu merah (red), hijau (green), dan (blue) yang dicampur dengan berbagai cara sehingga menghasilkan bermacam-macam warna.

CMYK adalah model warna yang terdiri dari 4 warna dasar yaitu cyan (biru), magenta (merah), yellow (kuning) dan black (hitam), biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna.

Perbedaan warna RGB Collor dan CMYK

Tampilan warna secara default pada:
1. Layar komputer/ laptop: RGB Collor
2. Smartphone Android: RGB Collor
3. Website: CMYK Collor.

Mengatur Kalibrasi Warna Dengan Adobe Photoshop

Komposisi warna yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop maka secara default menggunakan CMYK Collor, namun kalau hanya resize/ crop foto maka warnanya adalah RGB. Kalibrasi bisa dilakukan pada mode .PSD (file project Adobe Photoshop), kalau sudah disimpan dalam format .jpeg/ .png maka caranya beda.

Baca: Cara Crop dan Resize Gambar di Adobe Photoshop

Baiklah berikut ini cara menyesuaikan kalibrasi dengan Adobe Photoshop:
1. Jalankan/ buka project yang telah ada
2. Setelah terbuka pilih tab menu Image > Mode
3. Ubah dari CMYK Collor ke RGB Collor

Merubah CMY Collor ke RGB Collor

4. Simpan menjadi file gambar dan lihat hasilnya.

Demikianlah informasi cara menyesuaikan kalibrasi warna menggunakan Adobe Photoshop, semoga bermanfaat untuk Anda yang menjalani profesi sebagai editor gambar/ foto.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.